Yamaha Aerox

Dokter: Air Mineral Lebih Baik daripada Air Oksigen dan Alkali

  Selasa, 14 Mei 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM—Ahli gizi menyebut hasil telaah kritis berbagai jurnal penelitian tentang berbagai jenis air menunjukkan bahwa air mineral biasa masih lebih baik dari pada air oksigen dan air alkali yang disebut-sebut memiliki manfaat kesehatan.

AYO BACA : Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Kopi dan Air Dingin?

“Air oksigen tidak terbukti memperbaiki status hidrasi lebih cepat dari air biasa. Tingkat kepercayaan tentang manfaatnya tidak terbukti meningkatkan kesehatan fisik,” kata ahli gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG) Dr dr Diana Sunardi M.Gizi, Sp.GK di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

AYO BACA : Mandi Air Hangat Ternyata Tak Disarankan Saat Puasa

Hal serupa terjadi pada penelitian terhadap air alkali yang menunjukkan belum terbukti secara kuat memiliki manfaat terhadap kesehatan. “Air alkali hanya memperbaiki status hidrasi saja, sama seperti air biasa,” kata Diana.

Dia menyebut masyarakat cenderung memercayai komunikasi yang beredar dengan klaim yang berlebihan meski tidak memiliki sumber dan kredibilitas yang jelas.

Survei juga menunjukkan masyarakat Indonesia cukup mengenal produk-produk air beroksigen dan air alkali yang dianggap memiliki berbagai manfaat terhadap kesehatan dan bahkan dapat menyembuhkan penyakit.

AYO BACA : Minum Cukup Air Bisa Cegah Risiko Kegemukan dan Penyakit Lain

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar