Yamaha Lexi

Prabowo-Sandi Unggul di 21 dari 27 Kabupaten/Kota di Jabar

  Selasa, 14 Mei 2019   Fira Nursyabani
Saksi dari pasangan calon Presiden nomor urut 01 dan pasangan calon presiden nomor urut 02 memberikan tanggapan saat rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi suara Pemilu 2019 tingkat Provinsi Jawa Barat di Aula KPU Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat, Senin (13/5/18) malam. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar) telah merampungkan hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara dengan mengesahkan seluruh 27 kabupaten dan kota di Jabar. Hasilnya, suara terbanyak didapatkan oleh pasangan capres dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Ketua KPU Jabar, Rifqi Ali Mubarok menyatakan saat ini hasil rekapitulasi dari seluruh kabupaten dan kota sudah tidak ada perselisihan. "Tinggal penetapannya saja," kata Rifqi di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (13/5/2019) kemarin.

AYO BACA : Begini Rincian Data Situng KPU dari 4 Provinsi

Dengan disahkannya hasil rekapitulasi suara tersebut, pasangan Prabowo-Sandi mengunci kemenangan dengan mengungguli 21 kabupaten dan kota di Jabar. Hingga pengesahan terakhir, hasil dari rekapitulasi suara menunjukkan Prabowo-Sandi mendapat total perolehan 16.077.446 suara. Sedangkan pasangan Jokowi-Ma'ruf mendapat 10.750.568 suara.

Jokowi-Ma'ruf dominan unggul beberapa kabupaten dan kota di Jabar yakni Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kota Cirebon, dan Kabupaten Cirebon. Sementara Prabowo-Sandi unggul di 21 kabupaten dan kota yang tersisa.

AYO BACA : BPN Prabowo-Sandi Siap Paparkan Temuan Kecurangan Pemilu

Dalam pemilu tahun ini, Rifqi menilai angka partisipasi masyarakat di Jabar untuk pemilu terbilang tinggi. Dengan jumlah daftar pemilih sebanyak 34.604.192 dan yang menggunakan hak suara sebanyak 27.467.370, maka partisipasi masyarakat di Jabar terhadap pemilu yakni 79,4 persen.

"Dengan angka ini kita sudah melebihi target," kata Rifqi.

Selain jumlah pemilih yang meningkat, Rifqi juga menilai masyarakat semakin antusias terhadap setiap rangkaian pemilu. "Sekarang masyarakat sudah tahu tentang C1. Ini juga bagian dari partisipasi masyarakat pada pemilu sekarang," katanya.

Dengan demikian, KPU Jabar saat ini tinggal melalui tahap penetapan hasil rekapitulasi tersebut. Selanjutnya penjadwalan akan ditentukan untuk penyampaian secara langsung dalam rekapitulasi tingkat nasional.

AYO BACA : Situng KPU: Suara Masuk 80 Persen, Jokowi 56,33 Persen

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar