Yamaha NMax

Bupati: Garut Sedang Darurat Sampah

  Selasa, 14 Mei 2019   Fira Nursyabani
Ilustrasi sampah menumpuk. (ANTARA FOTO/Adeng Bustomi)

GARUT, AYOBANDUNG.COM -- Bupati Garut, Rudy Gunawan, menyatakan kabupaten ini sedang dalam kondisi darurat sampah. Ia menyerukan agar penanganannya segera dituntaskan dalam sepekan ke depan agar masyarakat tidak mengeluhkan masalah penumpukan sampah di perkotaan.

"Sampah sudah sangat luar biasa, darurat sampah ini," kata Bupati Garut kepada wartawan di Garut, Senin (13/5/2019).

AYO BACA : 2.000 Kubik Sampah Bambu Menggunung di Sungai Cikeas

Kondisi darurat sampah itu membuat Rudy bersama Kepala Dinas PUPR, Dinas Lingkungan Hidup, dan Kepala Satpol PP Garut meninjau langsung kondisi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Pasirbajing yang saat ini menjadi kendala menumpuknya sampah.

Rudy mengungkapkan, saat datang ke TPA Pasirbajing kondisinya memang sudah memprihatinkan dengan tumpukan sampah yang sudah menggunung dan akses jalan yang sulit karena rusak.

AYO BACA : Warga Keluhkan Tumpukan Sampah di Samping Alun-alun Lembang

Bupati meminta kepada instansi terkait untuk mampu menyelesaikan masalah jalan dan pengangkutan sampah dalam waktu sepekan, terutama tumpukan sampah di perkotaan yang harus bersih.

"Sampah yang berserakan di wilayah perkotaan harus segera diangkut, saya jamin dan pastikan sampah itu akan terangkut dalam minggu ini," katanya.

Bupati menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat Garut yang selama beberapa hari ini banyak terganggu dengan tumpukan sampah di Garut. Ia berharap, upaya pemerintah daerah yang akan memperbaiki jalan menuju TPA Pasirbajing dapat melancarkan pengangkutan sampah.

"Ke depan soal sampah di Garut akan lancar, untuk itu kami mohon maaf kepada masyarakat terkait masalah ini," kata Rudy.

AYO BACA : 3 Tips Kurangi Sampah Makanan saat Ramadan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar