Yamaha NMax

Majukan Desa Tertinggal, 250 Milenial Akan Ikuti Patriot Desa Jabar

  Selasa, 14 Mei 2019   Nur Khansa Ranawati
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar, Dedi Supandi. (Nur Khansa/ayobandung)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 250 milenial akan diikutkan pada program Patriot Desa yang digagas Pemerintah Provinsi Jawa Barat guna memajukan desa tertinggal di wilayah Jabar. Program tersebut nantinya akan dilangsungkan di desa yang belum memiliki Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), salah satunya untuk memajukan usaha desa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Jabar, Dedi Supandi dalam gelaran Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Senin (13/5/2019). Dia mengatakan, saat ini milenial yang mendaftar untuk mengikuti program tersebut sudah melebihi target.

"Pada 9 Mei kemarin kita buka pendaftaran Patriot Desa, sampai sekarang sudah ada 1.010 orang yang daftar," ungkapnya.

Nantinya, Dedi mengatakan, dari total jumlah pendaftar tersebut akan diseleksi 250 orang yang nantinya akan menjalani pelatihan sebelum diturunkan ke desa.

AYO BACA : Situng KPU: Suara Masuk 80 Persen, Jokowi 56,33 Persen

"Nanti setelah rekrutmen akan kita ambil 250 orang, nanti akan kita serahkan pada pelatih yang akan mendidik," jelasnya.

Pelatihan diperlukan, Dedi mengatakan, karena para milenial tersebut akan diterjunkan langsung ke desa-desa di sejumlah daerah di Jabar yang dianggap belum berkembang. Beberapa lokasinya berada di Kaupaten Sukabumi, Cianjur, hingga Majalengka.

"Mereka akan diturunkan ke desa-desa yang dianggap sulit, maka mereka akan diberi pelatihan terlebih dahulu," jelasnya.

Selain dibekali pelatihan seputar mentorship, pemasaran, akses permodalan dan manajemen BUMDes, para peserta juga akan diberi uang saku bulanan. Peserta diutamakan berasal dari Jabar dan memiliki pengetahuan seputar potensi desa sekitar.

Program tersebut merupakan salah satu dari sejumlah program Pemprov Jabar mengenai akselerasi desa yang akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Salah satunya yang akan segera diluncurkan adalah program mobil serbaguna keliling bernama Mobil Aspirasi Kampung Juara (Maskara) yang akan hadir di sejumlah desa. 
 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar