Yamaha Mio S

Tiga Kampung di Cililin KBB Diterjang Longsor

  Senin, 13 Mei 2019   Faqih Rohman
Ilustrasi. (Antara)

CILILIN, AYOBANDUNG.COM--Longsor terjadi di Kampung Cicapeu RW 06, Desa Kidangpananjung, Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat pada Minggu (12/5/2019) malam.  Akibatnya, puluhan rumah warga rusak tertimbum material tanah. 

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD KBB, Dicky Maulana mengatakan, peristiwa longsor terjadi sekitar pukul 20.00 WIB. Diduga penyebab longsor akibat intensitas hujan yang cukup tinggi.

"Karena tanahnya labil dan juga hujan yang cukup deras dan juga cukup lama mengakibatkan longsor," ujarnya melalui pesan singkat, Senin (13/5/2019).

Dijelaskan, longsoran tanah menimpa puluhan bangunan rumah milik warga sehingga mengalami kerusakan berat, dan ringan. Selain itu, fasilitas ibadah dan dan beberapa kendaraan bermotor pun tertimbun tanah. 

"Delapan rumah mengalami rusak berat, 13 rumah rusak sedang dan 33 rumah rusak ringan, satu mesjid dan dua unit sepeda motor warga terkena longsoran tanah," katanya. 

Sebanyak ratusan warga, sambung Dicky terpaksa diungsingkan ke tempat yang aman sebagai langkah antisipasi. Pihaknya pun telah mengirimkan sejumlah personel untuk melakukan evakuasi dan membersihkan lokasi longsor. 

"Jumlah pengungsi sekitar 166 jiwa, terdiri atas laki-laki dan perempuan serta anak-anak. Mereka di bawa ke tempat yang aman, atau kediamana kerabatnya," ucapnya. 

Ditambahkan longsor juga terjadi di Kampung Tegalpanjang RT 01/RW15 dan Kampung Cikoneng RT 04/RW15, Desa Mukapayang, Kecamatan Cililin, dengan dampak puluhan rumah mengalami kerusakan.

"Tegalpanjang satu rusak berat, dan lima rumah terancam, akses jalan desa pun terganggu. Sedangkan Cikoneng dua rusak ringan," terangnya.

Dicky mengimbau kepada warga untuk tetap waspada apabila terjadi longsor susulan lantaran intensitas hujan cukup tinggi.

"Kami telah memberikan imbauan kepada warga terhadap potensi susulan, memberikan imbauan kepada warga terhadap intensitas hujan yang masih tinggi," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar