Yamaha NMax

Rekomendasi Top 5 Webtoon Indonesia Genre Romantis

  Senin, 13 Mei 2019   Redaksi AyoBandung.Com
Salah satu panel dari Webtoon ”Flawless” yang saat ini sedang hiatus untuk persiapan season keempat atau terakhirnya. Webtoon karya Shinshinhye asal Indonesia ini memiliki kualitas gambar yang bagus dan jalan cerita yang menarik. (Sumber: Webtoon Flawless)

Akhirnya kita sampai di genre paling terakhir sekaligus yang punya paling banyak penggemar yaitu genre romantis. Karena genre ini menjadi favorit para pembaca, tidak heran di Webtoon Indonesia sendiri ada sekitar 50 judul baik dari luar dan dalam negeri.

Prestasi genre ini memang tidak bisa dikalahkan lagi. Hampir selalu menduduki dan mendominasi Top 5 Webtoon Indonesia. Bahkan pernah saat genre ini benar-benar menyerang para pembaca, dari posisi 1-5 semuanya diduduki oleh genre romantis loh!

Maka dari itu untuk memberi rekomendasi di genre ini untuk menjadi 5 judul saja sangat sulit mengingat ada banyak sekali yang ceritanya bagus! Berikut adalah beberapa Webtoon bergenre romantis yang sangat populer: ”Honey Honey Wedding”, ”I Am Gangnam Beauty”, dan ”My Oppa is an Idol”.

Namun untuk rekomendasi kali ini akan agak berbeda. Karena sifatnya subjektif dan lebih ditujukan kepada genre romantis yang ceritanya agak berbeda, ringan, dan lucu. Jadi pasti rekomendasinya tidak akan semuanya mainstream. Malah ada beberapa judul yang tentu saja underrated tidak setenar Webtoon yang sebelumnya direkomendasikan.

Tentu tidak masalah jika Anda tetap ingin membaca Webtoon lain yang populer, daftar berikut ini hanya alternatif:

 

Flawless

Webtoon ini memang salah satu yang paling populer tapi Webtoon ini memang sangat layak untuk menduduki top 5 genre romantis. Pertama karena Webtoon ini karya author Shinshinhye yang berasal dari Indonesia. Kedua karena kualitas gambar dan cerita yang sangat menarik dan bagus sekali.

”Flawless” saat ini sedang hiatus untuk persiapan season 4. Telah terbit sebanyak 169 episode dengan 14,1 juta pembaca! Bercerita tentang cewek tomboy bernama Sarah yang jatuh cinta dengan pemuda tunanetra bernama Elios. Pertemuan mereka yang sangat tiba-tiba dan Elios yang sangat misterius membuat cerita ini sangat menarik untuk diikuti.

Perkembangan masing-masing karakter yang pelan tapi pasti. Juga konflik yang bukan hanya berfokus antara Sarah dan Elios. Kadang ada beberapa juga konflik yang sangat intens dan menguras emosi.

Salah satunya saat Elios sakit karena pendengarannya terlalu sensitif. Di sini para pembaca jadi tahu bagaimana seorang tunanetra hidup. Ceritanya sebenarnya malah lebih banyak tentang psikologi manusia.

Bagaimana perasaan manusia dan juga tentang hubungan antarmanusia? Namun jika Anda hanya ingin membaca dan tidak ingin mengambil maknanya, tentu saja Webtoon ini juga cocok.

”Flawless” adalah salah satu komik yang paling konsisten dari pertama kali terbit. Author-nya sangat disiplin. Sangat jarang sakit dan tidak terbit atau terlambat update dibanding komik lain. Selalu tepat waktu. Ceritanya sangat terstrukur rapi dan sistematis. Mungkin ini salah satu penyebab mengapa ”Flawless” punya penggemar yang sangat banyak.

Plotnya bagus, berbobot tapi dibawa dengan ringan juga. Setiap episodenya lumayan panjang dan tidak termasuk Webtoon singkat. Ceritanya juga bersambung dan tidak terlalu bertele-tele. ”Flawless” adalah Webtoon yang sangat well prepared. Tidak heran jika komik ini punya rating sebanyak 9,75 dan juga telah diterjemahkan dalam 22 bahasa!

 

Ghost’s Wife

Selain ”Flawless”, Webtoon ini juga sangat terkenal. ”Ghost’s Wife” adalah karya author Se Jeong dan sudah tamat dengan total 135 episode.

AYO BACA : Rekomendasi Top 5 Webtoon Indonesia Genre Horor

Gambar Webtoon ini sebenarnya tidak terlalu bagus. Apalagi saat awal-awal episode, ilustrasinya terlihat sangat menyeramkan. Seiring berjalannya waktu, gambarnya memang jadi tak seseram dulu. Namun tetap saja ilustrasinya tidak sebagus Webtoon lain. ”Ghost’s Wife” juga termasuk pendatang baru yang langsung tamat dan sepertinya tidak akan dibuat season selanjutnya.

Pertanyaannya, dengan ilustrasi seperti itu mengapa ”Ghost’s Wife” bisa mempunyai rating sampai 9,81? Kuncinya adalah ceritanya yang sangat menarik!

Webtoon ini bercerita tentang seorang perempuan bernama Euna yang tiba-tiba bisa melihat hantu. Pada suatu malam Euna melihat seorang hantu cowok sedang memakan kucing! Hantu ini sangat menyeramkan dan punya energi yang sangat kuat.

Ia adalah seorang hantu gunung bernama Dan. Saat Dan mendatangi Euna, dia harus menentukan pilihan: Euna harus memilih menjadi istri dari Dan atau dimakan.

Meskipun karakternya hantu, namun ceritanya memang tentang romansa antara Euna dan Dan. Juga ada karakter lain yang bernama Hanaga dan Kroko (buaya peliharaan Dan) yang membuat cerita ini makin rame! Ceritanya juga sangat lucu, segar, dan amat dinanti-nanti! Tidak heran Webtoon ini sampai memiliki 9,9 juta pembaca!

Webtoon ini menjadi angin segar di genre romantis karena cerita yang diangkat agak nyentrik dibanding yang lain. Juga ceritanya memang tidak terlalu berat. Saat Webtoon ini akan tamat, banyak sekali pembaca yang sedih dan kecewa.

Para pembaca berharap akan ada season 2 karena beberapa episode terakhir sebelum tamat masih ada yang kurang jelas. Selain itu”Ghost’s Wife” season 2 juga jelas sangat dinanti-nanti karena mereka butuh lanjutan dari ceritanya yang sangat seru ini!

 

We Just Broke Up

Webtoon karya author Chaerin Ryu ini termasuk yang underrated. Komik ini singkat mengingat hanya tamat dengan total 48 episode. ”We Just Broke Up” bercerita tentang cewek yang bernama Woori dan pacarnya yang bernama Won Young yang sudah tinggal bersama selama 5 tahun.

Masalahnya adalah mereka baru saja putus! Masalah semakin pelik karena mereka tidak bisa langsung pindah. Padahal Woori sudah muak dengan perlakuan Won Young dan ingin cepat-cepat pindah!

Yang jadi persoalan lagi, pemilik rumah sewa sedang banyak utang. Jadi, Woori dan Won Young tidak bisa langsung keluar. Mereka harus menunggu dan tetap tinggal di rumah itu minimal 6 bulan!

Cerita ini tidak dianjurkan dibaca untuk anak di bawah umur. Memang ada beberapa konten dewasa tapi tak terlalu banyak dan parah. Namun mungkin jika dilihat, komik ini memiliki nilai negatif yaitu pacaran tapi sudah tinggal serumah.

Di luar kedua hal itu sebenarnya komik ini memiliki cerita yang cukup ringan dan lucu! Tentang Woori dan Won Young yang harus tetap tinggal bareng padahal sudah putus. Cara move on ala mereka berdua dan juga saat mereka harus mengingat kenangan masa lalu mereka.

Webtoon ini mempunyai pembaca yang lumayan yaitu 1,8 juta dengan rating 9.52. Banyak sekali para pembaca yang penasaran dengan lanjutan ceritanya. Namun sayang sekali tidak ada season 2-nya.

 

Surrounded by Them

AYO BACA : Rekomendasi Top 5 Webtoon Indonesia Genre Slice of Life

Webtoon ini saking kocak dan lucunya sebenarnya cocok juga menjadi genre komedi. ”Surrounded by Them” adalah Webtoon yang paling ringan ceritanya di antara kelima judul Webtoon di atas.

Soi, author-nya memutuskan untuk membuat Webtoon ini tamat dengan total 52 episode saja. Jadi termasuk pendek. Walaupun demikian, Webtoon ini memiliki 1,5 juta pembaca dengan rating 9,52.

Deskripsi Webtoon ini dibuka dengan kalimat ”empat cowok kembar ini menyukaiku! Apakah ini keberuntungan?!” Jelas deskripsi yang memikat. Cewek sebagai sentral Webtoon ini adalah sosok bernama Jenny. Dia dikepung oleh 4 cowok kembar yang semuanya tampan pada saat yang bersamaan.

Cowok pertama sekaligus yang paling tua bernama Ilya. Ilya adalah sosok yang pintar, baik, sopan dan punya jiwa kepemimpinan. Jin, cowok kedua sekaligus anak kedua dikenal sebagai bad boy, galak seperti Sean dari Wonderwall.

Sam, jago olahraga, adalah cowok ketiga. Sam pendiam, pemalu namun paling perhatian. Sunny, cowok keempat adalah si bungsu. Sunny adalah yang paling ceria, ramah, hobi masak, suka bersih-bersih, dan punya hati yang sangat lembut.

Apakah ini keberuntungan atau kesialan bagi Jenny? Bagaimana Jenny harus melalui hari-harinya dan dengan siapakah Jenny akhirnya berpacaran? Temukan jawabannya di ”Surronded by Them!”

 

Perfect Honeymoon

Ini adalah salah satu Webtoon yang cukup underrated juga dan mempunyai episode yang sangat singkat yaitu hanya 26.

”Perfect Honeymoon” bercerita tentang pasangan muda yang baru menikah dan memutuskan untuk berbulan madu di Roma, Italia. Sang istri bernama Jiae Seo dan sang suami bernama Kibeom Jin.

Kejutan dimulai dengan Jiae Seo yang pergi untuk membeli dua buah gelato: satu untuk dia dan satu lagi buat suaminya. Namun saat kembali, Jiae Seo malah menemukan Kibeom Jin, suaminya, berciuman dengan wanita lain!

Jalan cerita Webtoon ini sangat bagus dan berbeda dari yang lainnya. Ceritanya juga berlapis-lapis. Selain berbicara tentang perjalanan fisik mereka, Webtoon ini mengisahkan perjalanan ruhaniah mereka untuk menemukan diri mereka masing-masing.

Saat bulan madu itulah kisah cinta mereka sangat diuji. Apakah akhirnya mereka akan berpisah atau malah menjadi tak terpisahkan.

Banyak sekali nilai-nilai penting yang diajarkan tentang bagaimana caranya menjaga hubungan dengan pasangan. Pendeknya, banyak pelajaran yang bisa diambil dari cerita ini.

Meskipun tentang bulan madu tapi Webtoon ini termasuk Webtoon yang aman dan tidak banyak konten dewasanya. Hanya judulnya yang memang agak ambigu. Namun sebenarnya ceritanya sangat bagus dan menceritakan tentang perjalanan mereka.

Lewat Webtoon ini, duet maut antara author East Wind dan Jeong Min. P sukses menaklukkan hati 1,4 juta pembaca dan ”Perfect Honeymoon” berhasil mendapatkan rating sebanyak 9,68!
 

 

Kaija Sekar Sabitah

Blogger, Pembaca Webtoon

AYO BACA : Rekomendasi Top 5 Webtoon Indonesia Genre Komedi

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar