Yamaha NMax

Siswa SMA Pribadi Bandung Akan Wakili Indonesia di Ajang IBO Hungaria 2019

  Sabtu, 11 Mei 2019   Rizma Riyandi
Siswa SMA Pribadi Bandung, Nedi Sawego Yogya

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM-- Siswa SMA Pribadi Bandung, Nedi Sawego Yogya, berhasil menjadi salah satu dari empat siswa brilian yang akan mewakili Indonesia di ajang IBO Hungaria 2019.

Nedi Sawego Yogya telah melalui beberapa tahap yang akhirnya mendapuknya mewakili Indonesia di ajang tertinggi kompetisi Biologi tingkat SMA sedunia. Mulai dari meraih medali di OSN yang diselenggarakan di Padang, Sumatera Barat, pada tahun 2018, hingga Pelatnas IBO tahap akhir yang diadakan baru-baru ini di Bandung.

Tujuan Pelatnas IBO adalah untuk seleksi timnas IBO Indonesia, sekaligus memberi pelatihan kepada calon timnas IBO agar mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam menghadapi kompetisi yang sengit di kancah internasional.

Materi yang digembleng di antaranya diambil dari buku Campbell Biology, yang mencakup tema utama biologi dan juga bidang lain, khususnya kimia, matematika (statistika dan probabilitas), serta fisika.

“Tentu saja kita terus selalu berharap dan berdoa agar Nedi Sawego Yogya mampu menorehkan tinta emas prestasi dalam bentuk gold medal, untuk mengharumkan nama baik dan kejayaan Indonesia di kancah dunia,” harap Rahmat Hidayat, Kepala SMA Pribadi Bandung, Sabtu (11/5/2019).

Olimpiade Biologi Internasional (Inggris: International Biology Olympiad atau IBO) adalah sebuah olimpiade sains yang diadakan untuk siswa level Sekolah Menengah Atas (SMA) di seluruh dunia. Semua negara yang berpartisipasi mengirimkan empat siswa terbaik hasil seleksi dari Olimpiade Sains Nasional (OSN) pada negara masing-masing ke IBO.

IBO sudah berlangsung dari tahun 1998 dengan penyelenggara pertama di Kota Kiel, Jerman. Tahun ini IBO yang ke-30 akan dihelat di Kota Szeged, Hungaria, pada tanggal 14–21 Juli 2019. Indonesia sendiri pernah menjadi tuan rumah, tepatnya pada tahun 2014 di Bali.

Adapun negara partisipan IBO 2019 mencapai 105 negara, di antaranya Amerika Serikat, Argentina, Jerman, China, termasuk Indonesia. Di ajang bergengsi ini, Indonesia selalu mendapatkan medali emas setiap tahunnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar