Yamaha Lexi

Tahun 2019, Embarkasi Haji asal Jabar Dipindahkan ke BIJB Kertajati

  Jumat, 10 Mei 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi ibadah haji.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah memutuskan embarkasi haji asal Jawa Barat tahun 2019 akan dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, dari sebelumnya Bandara Soekarno-Hatta, Banten.

Keputusan itu merupakan hasil rapat koordinasi di Kemenko Kemaritiman, Jakarta, Jumat yang dihadiri Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum.

"Keputusan barusan dalam rapat yang dihadiri tiga menteri yaitu Menhub, Menag dan Menko Maritim bahwa untuk penerbangan ke Jeddah dan Mekkah untuk ibadah haji wilayah Jabar, embarkasinya di Kertajati," kata Wagub Uu.

AYO BACA : Penerbangan ke Luar Jawa dari Husein Sastranegara Dipindahkan ke Kertajati 15 Juni

Dengan keputusan itu, Uu mengatakan Pemerintah Provinsi Jabar akan mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung.

Sarana dan prasarana yang disiapkan antara lain asrama haji atau penginapan bagi para calon jamaah haji.

Menurut dia, pihaknya menyiapkan dua alternatif yakni menggunakan hotel-hotel di Cirebon atau ditempatkan di Majalengka yang juga terdapat Islamic Center dan hotel.

AYO BACA : Sisakan Satu Rute Penerbangan, BIJB Targetkan Angkutan Kargo Juni 2019

"Artinya penginapan calon jamaah haji sudah tidak bermasalah, tinggal putuskan apakah di Cirebon atau Majalengka," ujarnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan selain persiapan dari sisi penginapan, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah kesiapan penerbangan dan penyelenggara.

"Penerbangan kan cuma memindahkan saja, dari Soekarno-Hatta ke Kertajati. Lalu penyelenggara, Kemenag, juga oke," katanya.

Budi berharap dipindahkannya embarkasi haji Jabar ke Kertajati akan dapat mengurangi kepadatan yang ada di Bandara Soekarno-Hatta.

Sejak diresmikan JuniĀ 2018, bandara yang disebut-sebut akan digunakan untuk pemberangkatan haji dan umroh sejak tahun lalu itu belum juga beroperasi optimal.

Pemindahan pemberangkatan haji dari Bandara Kertajati diharapkan dapat mengurangi beban Bandara Soekarno-Hatta yang selama ini juga digunakan oleh calon jamaah haji asal Jawa Barat.

AYO BACA : Pemprov Jabar Dorong Pemberangkatan Haji dari Bandara Kertajati

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar