Yamaha Mio S

PPDB SMK di Jabar Tak Terapkan Sistem Zonasi

  Kamis, 09 Mei 2019   Nur Khansa Ranawati
Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Dodin Rusmin Nuryadin. (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

CICENDO, AYOBANDUNG.COM -- Sistem zonasi yang diterapkan pada Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di tingkat SMA se-Jawa Barat tidak akan diterapkan di SMK. Kepala Bidang Pembinaan SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Dodin Rusmin Nuryadin mengatakan, hal tersebut dikarenakan adanya bidang kompetensi keahlian yang harus dipilih oleh calon siswa SMK.

"Di SMK tidak ada zonasi, karena yang dipilih bukan semata sekolah, tetapi kompetensi keahlian," ungkapnya ketika ditemui di kantor Disdik Jabar belum lama ini.

Dia mengatakan, bila di tempat tinggal calon siswa terdapat SMK terdekat namun tidak sesuai dengan kompetensi keahlian yang diinginkan, maka calon siswa tersebut diperkenankan mendaftar ke SMK manapun yang sesuai dengan minatnya, tanpa ada perhitungan jarak. 

AYO BACA : Sekda Jabar Iwa Karniwa: Panitia PPDB 2019 Wajib Teken Pakta Integritas

"Kalau di tempat tinggal calon siswa ada SMK, tetapi tidak ada kompetensi yang dipilih, maka bisa cari SMK sesuai kompetensi meskipun di luar zonasi," tegasnya.

Saat ini, SMK di Jabar memiliki kurang lebih 108 kompetensi yang tersebar di seluruh kabupaten/kota. Calon siswa juga dapat melamar untuk masuk ke sekolah yang berbeda kota.

"Nanti murni dilihatnya dari Nilai Hasil Ujian Nasional (NHUN) dan tes minat bakat yang dilakuakn di sekolah yang bersangkutan," jelasnya.

AYO BACA : PPDB Kota Bandung 2019 Sasar 20% Siswa Rawan Melanjutkan Pendidikan

Calon siswa yang berminat mendaftar ke SMK dapat langsung mendatangi sekolah yang bersangkutan untuk melakukan pendaftaran berkas administrasi secara offline. Kemudian, oleh operator data yang diterima akan dimasukkan ke dalam sistem.

"Setelah mendaftar baru nanti akan dilakukan tes minat dan bakatt untuk siswa yang bersangkutan," ungkap Dodin.

Adapun sesi pendaftaran PPDB SMK dilaksanakan serentak dengan PPDB SMA, yakni mulai 17 Juni hingga 22 Juni 2019. Saat ini, pihaknya tengah melakukan sosialisasi PPDB ke sejumlah SMP di berbagai daerah di Jabar.

"Kita bulan ini sedang gencar melakukan sosialisasi langsung, termasuk ke sekolah-sekolah mulai minggu ini," jelasnya. 

AYO BACA : Ini Rincian Proporsi Penerimaan PPDB SMA di Jabar

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar