Yamaha Aerox

KPU Jabar Lengkapi Rapat Pleno Rekapitulasi Suara dengan Posko Kesehatan

  Rabu, 08 Mei 2019   Andri Ridwan Fauzi
Ilustrasi. (Attia Dwi Pinasti).

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Untuk mengawal proses rekapitulasi suara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat (Jabar) menyediakan posko kesehatan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kesehatan Kerja. Dalam hal ini, KPU Jabar bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Jabar.

Dokter dari RSUD Kesehatan Kerja, Rani Sabrina mengatakan, posko kesehatan tersebut adalah sebagai antisipasi jatuhnya pasien atau korban akibat kelelahan saat bertugas mengawal proses rekapitulasi suara.

"Berkaca dari yang kemarin, banyak yang tidak ada tim medisnya, terus korban banyak yang berjatuhan, jadi belajar dari kejadian yg sebelum-sebelumnya," kata Rani di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu.

Dengan demikian, dia mengatakan pihaknya akan siaga jika misalnya ada peserta rapat yang membutuhkan pertolongan medis.

Hingga sore hari, Risma Aditya sebagai perawat mengaku telah memeriksa kurang lebih 25 orang yang memerlukan bantuan. Namun menurutnya tidak ada orang yang membutuhkan tindakan lebih lanjut.

"Kita sih lebih cenderung untuk memeriksa tensinya, takutnya tensinya tinggi atau gimana. Memang ada beberapa orang sih yang kita kasih obat," kata Risma.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun KPU Jabar, hingga Senin (6/5), tercatat sebanyak 132 petugas Pemilu yang gugur. Jumlah tersebut tersebar di 25 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Barat.

Jumlah 132 orang yang gugur tersebut terdiri dari macam-macam kategori petugas, yakni pegawai KPU 6 orang, PPK 40 orang dan PPS 131 orang.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar