Yamaha NMax

Tadarus Makin Mudah Lewat Ponsel Pintar

  Rabu, 08 Mei 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi tadarus lewat ponsel pintar

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Meski sibuk menjalankan tugas sebagai Wali Kota Bandung, Oded M Danail tetap menyempatkan waktu untuk membaca Alquran. Dengan kecanggihan teknologi, ia kini membaca Alquran melalui telepon selular (ponsel) cerdasnya.

Oded menyatakan keberadaan Alquran digital ini lebih praktis karena tak lagi mengharuskan untuk membawa mushaf dalam bentuk kitab. Terlebih beberapa kitabnya terpisah dalam 30 juz.

“Ketika sudah ada aplikasi Alquran di HP, saya berinteraksi dengan Alquran digital. Jarang menggunakan mushaf kecuali di rumah. Kalau di luar lebih praktis pakai yang ada di HP ini. Tetapi yang penting HP ini jangan dibawa ke WC dalam bentuk kegiatan baca Quran,” ucap Oded, Rabu (8/5/2019).

Untuk itu, Oded bersyukur kini ada developer dari Kota Bandung yang membuat aplikasi QuranBest. Dia menilai fitur QuranBest sudah cukup komplit dan memudahkannya dalam membaca Alquran.

“Ini QuranBest ini hasil karya teman-teman ITB dan Unpad. Mereka membuat aplikasi luar biasa sangat membantu umat Islam untuk lebih dekat dengan Alquran,” ujarnya.

Sementara itu, Divisi Marketing QuranBest, Idham Fitriadhi menyatakan, aplikasi ini digarap secara serius oleh 20 orang yang tergabung di PT. Inovasi Berkah Teknologi. Latar belakang pembuatan QuranBest juga didasari oleh keinginan untuk ikut menjadikannya sebagai ladang ibadah.

AYO BACA : 900 Tunanetra Tadarus Alquran Braile

“Ada teman sampai jual rumah ada yang jual mobil, mereka developer tapi satu sisi cari pahala bikin Quran. Kita siapkan pada akhir 2018 dan sekarang sudah bisa 'ready' di Playstore dan ios,” ucap Idham.

Idham memaparkan, QuranBest ini menyediakan tujuh jenis Alquran yakni khat Alquran Indoensia dengan tajwid dan tanpa tawid, lalu Alquran Madinah menggunakan tajwid dan tanpa tajwid. Kemudian tersedia Alquran per kata tajwid dan nontajwid serta Alquran per ayat.

“Ada Alquran per kata sisip baris satu-satunya di Indonesia perkatanya tidak dipotong-potong,” tegasnya.

Idham memastikan, kualitas QuranBest juga terverifikasi Kementerian Agama (Kemenag).

“Tidak memperoleh verifikasi Kemenag. Karena memang sangat ketat. Kesalahan kecil harus dikoreksi. Alhamdulillah tashihnya keluar,” bebernya.

Khusus pada Ramadan ini, QuranBest bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang paling banyak membaca Alquran sepanjang Ramadan 1440 hijriah ini akan mendapatkan hadiah umrah.

“Kita akan merekam. Jadi temen-temen akan terdeteksi. Nanti kita kasih linknya dan ada reward,” katanya.

AYO BACA : Tradisi Dlugdag, Sambut Ramadan dengan Tabuh Beduk

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar