Yamaha Lexi

Cegah Infeksi Tenggorokan saat Puasa, Hindari Jenis Makanan dan Minuman Ini

  Selasa, 07 Mei 2019   M. Naufal Hafiz
Gorengan. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Masyarakat sebaiknya menghindari makanan dan minuman penyebab sakit tenggorok, seperti minuman dan makanan manis serta makanan bertekstur keras, kata dokter spesialis gizi klinik Fiastuti Witjaksono SpGK.

"Saat berpuasa tenggorokan kering, kalau makan makanan yang keras bisa menyebabkan luka di tenggorokan dan bisa jadi infeksi oleh bakteri," kata Fiastuti dikutip dari Antara, Selasa (7/5/2019).

AYO BACA : 5 Makanan yang Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Lapar

Makanan dengan tekstur keras seperti gorengan berpotensi mengiritasi organ mulut dan tenggorok yang kering karena kekurangan cairan selama berpuasa.

Fiastuti menganjurkan berbuka dengan makanan yang lembut dan bisa juga yang berkuah seperti sup.

AYO BACA : Ini Penyebab Anak Pilih-pilih Makanan

Ia tidak menganjurkan berbuka dengan minuman yang dingin karena suhu cairan yang terlampau rendah bisa membuat stres organ mulut dan tenggorokan. Selain itu, hal itu dapat meningkatkan risiko infeksi.

Ia menjelaskan, seseorang yang berpuasa tidak melakukan aktivitas mengunyah dan organ mulut sedikit memproduksi air liur. Padahal aktivitas mengunyah dan air liur adalah mekanisme tubuh manusia dalam membuang bakteri.

Fiastuti menyarankan agar tidak mengonsumsi minuman manis dan makanan yang terlalu manis saat sahur. Selain minuman manis bisa menyebabkan lebih cepat haus dan lapar, kadar gula yang tinggi di dalam mulut apabila tidak dibersihkan dengan sempurna bisa menjadi sarang bakteri.

Oleh karena itu, bakteri di dalam mulut bisa lebih banyak pada orang yang berpuasa dibandingkan dengan yang tidak. Bakteri yang menumpuk tersebut yang menyebabkan bau mulut dan bisa meningkatkan infeksi.

AYO BACA : 5 Cara agar Bau Mulut Berkurang ketika Puasa

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar