Yamaha Lexi

5 Menu Sahur Sehat dan Berenergi

  Senin, 06 Mei 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi menu sahur

Saat bulan Ramadhan tiba, kamu tidak akan diperbolehkan makan dan minum sampai waktu maghrib tiba. Kemudian kamu juga dianjurkan untuk bangun dan makan minum saat sahur sebagai bekal energi dalam menjalankan puasa.

Untuk itu, diperlukan energi yang sangat baik untuk menjaga tubuh kamu tetap sehat selama seharian berpuasa. Selain itu perlu juga asupan makanan bergizi untuk menjaga daya tahan tubuh kamu tetap prima.

Berikut ini adalah daftar menu yang harus kamu siapkan saat sahur agar lebih sehat dan bernergi.

1. Makanan Berkarbohidrat Komplek
Salah satu yang harus kamu ketahui dari Karbohidrat Komplex adalah karbohidrat ini terdiri dari serat makanan juga. Karbohidrat ini mengandung sedikit gula namun kaya akan serat, vitamin dan mineral jika dibandingkan dengan karbohidrat sederhana. Sehingga dengan mengonsumsi karbohidrat komplex, kamu akan merasa kenyang lebih lama.

AYO BACA : 4 Tips Tampil Cantik dan Segar Saat Puasa ala MUA Profesional

Tapi makanan apa yang mengandung karbohidrat komplex ini? Terus Kok bisa kenyang lebih lama? Nah, makanan dengan Karbohidrat Komplex ini bisa kamu temukan di roti gandum atau sereal, beras merah, ketang, jagung ubi jalar, dan kacang-kacangan. Berbeda dengan halnya karbohidrat biasa yang ada pada Nasi Putih, karbohidrat Komplex justru tidak akan tersimpan sebagai lemak di dalam perut, hal inilah yang membuat rasa kenyang lebih lama.

2. Kurma sebagai sumber Vitamin dan Mineral
Buah yang populer ketika Ramadhan tiba rupanya mengandung vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh, diantaranya tiamin, niasin, folat, vitamin A dan K.
Selain itu buah Kurma juga memiliki kandungan gula alami dan serat yang baik juga lho. Unsur-unsur kandungan lain dalam kurma sepertiĀ  kalsium, zat besi, fosfor, natrium, kalium,magnesium dan seng ini sangat diperlukan bagi tubuh kita saat berpuasa.

Nah untuk menu sahur nanti, kamu bisa mengombinasikan Buah Kurma dengan sereal atau roti gandum. Kamu juga bisa membuat Jus Buah Kurma. Pasti Nikmat!

3. Minuman Bernergi
Smoothie sebagai Minuman bernergi pada umumnya sering dikonsumsi setelah berolahraga atau ketika sedang diet. Smoothie biasanya dikenal sebagai minuman untuk menjaga kebugaran tubuh. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat smoothie tidak jauh dari buah-buahan, sayuran, susu atau yoghurt, dan kacang-kacangan.

AYO BACA : Cegah Memubazirkan Makanan Saat Buka Puasa

Kamu bisa memadukan jenis buah-buahan untuk membuat smoothie sebagai menu sahur kamu. Misalnya mencampurkan susu, pisang dan almond, atau alpukat dengan susu kedelai dan lainnya. Kandungan pada smoothie akan membuat tubuh kamu menjadi bugar dan sehat tentunya saat menjalani puasa

4. Konsumsi Protein Tinggi
Tubuh kamu memerlukan makanan dengan protein tinggi apalagi saat bulan Puasa. Protein tinggi juga menunda rasa lapar dan memberikan energi yang banyak bagi tubuhmu.

Sumber protein tinggi bisa kamu temukan di ikan, kedelai, telur, daging ayam, tahu dan tempe. Mengonsumsi semangkuk sup ayam dapat menjadi alternatif kamu dalam memenuhi kebutuhan protein tinggi. Selain protein, Sup ayam juga akan mengandung vitamin dan mineral sehingga mampu membantu mencukupi kebutuhan tubuhmu.

5. Air Putih
Air putih merupakan komponen wajib saat kita sedang puasa. Kamu harus banyak minum air putih ketika sahur ataupun berbuka. ini dilakukan untuk mencegah dehidrasi pada tubuh saat kita menjalankan puasa.

Kamu bisa menerapkan metode 2-4-2, yaitu 2 gelas air setelah berbuka 4 gelas air saat malam hari, dan 2 gelas air saat sahur. Hindari mengonsumsi teh atau kopi sebab akan menimbulkan rasa haus lebih cepat. Ini karena kandungan kafein yang masuk dalam tubuh akan membuat kandungan air cepat menghilang, akibatnya tubuh akan merasa haus.

Semoga 5 menu sahur mampu menjaga tubuhmu tetap sehat dan bernergi saat berpuasa. Selamat menjalankan aktivitas dan selamat mencoba!

Wisnu Dwiyon Asmoro
Mahasiswa Jurnalistik Ilmu Komunikasi
Universitas pendidikan Indonesia

AYO BACA : 5 Cara agar Bau Mulut Berkurang ketika Puasa

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar