Yamaha Aerox

5 Benda Praktis yang Membuat Gaya Hidupmu Ramah Lingkungan

  Senin, 06 Mei 2019   M. Naufal Hafizh
Sedotan antiplastik. (Istimewa)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sekarang ini, kita sudah bisa menemukan banyak alternatif pengganti barang sekali pakai yang berakhir di pembuangan sampah dengan bahan yang lebih awet.

Barang-barang tersebut, selain dibuat secara lokal, beberapa di antaranya pun dibuat dari bahan yang ramah lingkungan. Menariknya, barang-barang ini tersedia dalam variasi unik yang menggemaskan! 

Berikut kelima benda praktis yang wajib dimiliki agar gaya hidupmu lebih ramah lingkungan!

1. Beralih ke Sikat Gigi Bambu

Setiap tahunnya, empat miliar sikat gigi dengan gagang plastik berakhir di pembuangan. Jika membutuhkan sikat gigi baru, tidak ada salahnya kita beralih ke sikat gigi bambu yang dapat di daur ulang. 

Selain itu, sikat gigi bambu dapat membuat wastafel kamar mandimu lebih gaya. Demi kebersihan dan kesehatan, selalu ganti sikat gigimu setiap tiga bulan sekali. Ada baiknya untuk memiliki simpanan 4 buah sikat gigi bergagang bambu setiap tahun.

AYO BACA : 3 Tips Memulai Gaya Hidup 'Zero Waste'

2. Beli Tempat Minum Berbahan Stainless Steel

Tinggalkan botol plastik sekarang juga dan beralih ke botol stainless steel yang tahan karat.

Selain itu, gunakan mug yang dapat digunakan kembali ketika ke kedai kopi. Banyak tempat yang memberi diskon bagi mereka yang membawa mug sendiri. Jadi, gunakan promo tersebut sebagai motivasi untuk gaya hidup yang lebih hijau!

3. Investasi Sedotan yang Dapat Digunakan Ulang

Ada banyak pilihan sedotan yang dapat digunakan ulang, di antaranya sedotan yang terbuat dari bambu, stainless steel, kertas, silikon, dan kaca.

Sedotan bambu alami memiliki harga terjangkau dan dapat sepenuhnya digunakan kembali. Sedotan bambu pun dapat digunakan bertahun-tahun.

AYO BACA : Kurangi Sampah dengan Olah Limbah Ala Parongpong Zero Waste

Sementara itu, sedotan dari stainless steel dan silikon tersedia dengan lebih banyak variasi warna dan bentuk.

Selain 100% dapat didaur ulang, bebas BPA, dan dapat digunakan berkali-kali untuk mengurangi produksi sampah, sedotan antiplastik pun terlihat elegan dan mewah.

4. Tidak Menerima Peralatan Makanan Plastik Setiap Pesan Takeaway

Untuk meningkatkan gaya hidup ramah lingkungan ke jenjang selanjutnya, bawa peralatan makan sendiri! Jangan menerima peralatan makanan plastik yang disediakan restoran setiap memesan takeaway.

5. Tinggalkan Sabun Cair dan Beralih ke Sabun Batang

Penggunaan sabun cair menuntun kita pada produksi sampah plastik yang lebih besar. Sabun batang umumnya hadir dengan kemasan berupa kertas. Hal ini tentu jauh lebih baik dibandingkan sabun jenis lain yang memanfaatkan botol plastik sebagai kemasannya.

Selain itu, untuk sabun batangan yang ramah lingkungan, limbah deterjennya pun akan jauh lebih aman dibandingkan sabun jenis lain yang memiliki kandungan SLS.

Sabun batang sering dianggap kurang praktis dan menyimpan banyak bakteri. Padahal faktanya mikroorganisme yang ada pada sabun tidak akan menempel di kulit dan akan hilang jika membilas sabun di bawah air mengalir sebelum digunakan. (Alya Dinda)

AYO BACA : Saatnya Zero Waste Lifestyle atau Bumi Makin Tidak Layak Huni

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar