Yamaha NMax

Gagal Lolos Semifinal, Rene Alberts Singgung Mental Pemain

  Sabtu, 04 Mei 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Pelatih Persib Rene Alberts

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Persib Bandung gagal melenggang ke semifinal Piala Indonesia. Tersungkurnya skuat Maung Bandung di babak delapan besar ini lantaran kalah produktivitas gol tandang dari Borneo FC. 

Pada laga leg kedua di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (4/5/2019) sore tadi, Persib sedianya menang dengan mencatatkam skor 3-2 atas Borneo. Praktis skor ini membuat agregat sama kuat (4-4). 

Hanya saja, lantaran Pesut Etam mampu mencetak dua gol di Bandung dan Persib hanya mencetak satu gol di Samarinda, praktis satu tiket menuju semifinal pun menjadi milik Borneo FC. 

Melihat situasi ini,oelatih Persib, Robert Rene Alberts menilai dari pertandingan tersebut melihat beberapa hal yang akan menjadi bahan evaluasinya. Salah satunya adalah faktor mental ketika kebobolan 1-1, pelatih berusia 64 tahun itu mengaku tim berada dalam tekanan besar. Bukan  hanya itu para pemain terlihat mengalami penurunan mental. 

"Saya pikir ketika pemain telah lelah, enggak bisa membuat keputusan dengan baik. Saat kita unggul 1-0 kita masih bisa bermain cukup bagus. Ketika Borneo menyamakan kedudukan menjasi 1-1- semua bisa melihat mental tim drop," ungkap Robert dalam konferensi pers usai laga di Stadion Si Jalak Harupat, Sabtu (4/5/2019) petang.

Meski demikian, eks pelatih PSM Makassar ini masih memaklumi hal tersebut. Lantaran di tubuh Pangeran Biru ada banyak pemain muda. Namun ke depan Robert menyebut, hal tersebut akan ia perbaiki. 

"Kita banyak pemain muda di tim ini dan kita harus melakukan persiapan dan perbaikan. Ini sangat penting untuk melihat ketika pemain dalam tekanan, dan bisa melihat beberapa pemain kesulitan membuat keputusan saat dalam situasi seperti ini," ujarnya.

Kendati demikian, secara keseluruhan Robert mengapresiasi performa anak asuhnya yang tampil dengan determinasi tinggi untuk memenangkan pertandingan. Hasilnya pun cukup positif bagi Persib karena meraih kemenangan. Hanya saja keberuntungan masih belum berpihak pasa skuat Maung Bandung.

"Hasil 3-2 ini memang tidak cukup untuk membuat kita lolos fase betikutnya. Kita ga bisa ke semifinal karena saat away kemarin kalah agregat gol. Kita sudah fight tapi tidak bisa melanjutkan langkah kami, memang cukup sayang untuk pemain meski kita bisa menang di kandang. Tapi itu saya sangat mengapresiasi bisa menang di kandang," pungkasnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar