Yamaha Lexi

Tips Memilih Buku Sesuai Karier

  Jumat, 03 Mei 2019   Redaksi AyoBandung.Com
Rak buku. (Marisa Sias/Pixabay)

Untuk memperluas wawasan di bidang kerja yang sedang ditekuni serta menopang karier yang sedang digeluti, kita perlu terus menambah pengetahuan dan mengasah keterampilan.

Banyak dari mereka yang melejit karier maupun usahanya karena ditopang oleh luasnya wawasan serta pengetahuan. Selain itu, mereka memiliki keterampilan ditambah dengan luasnya jaringan.

Khusus yang terkait dengan upaya meningkatkan pengetahuan, banyak kiatnya yang bisa kita tempuh. Misalnya, ikut pelatihan, baik yang dilakukan di dalam perusahaan maupun di luar perusahaan. Bisa juga dengan jalan mengambil kursus-kursus singkat atau cuma sekadar membaca buku-buku.

Kata orang, buku itu jendela dunia dan salah satu sumber kemajuan. Mereka yang kutu buku, pandangan dan pengetahuannya akan jauh lebih luas ketimbang mereka yang tidak suka baca buku. Kemajuan sebuah negara ditopang oleh kebiasaan warganya membaca buku. Jepang bisa maju seperti sekarang ini karena rakyatnya gemar membaca buku. Berbagai riset akademis maupun empiris telah membuktikan hal ini.

Pertanyaan pun muncul, buku apakah yang sebaiknya kita baca? Haruskah kita membaca semua buku? Apakah setiap buku yang kita baca bermanfaat bagi diri kita?

AYO BACA : 8 Tempat Wisata Belanja Bandung Favorit Pelancong

Apabila tujuan kita membaca itu untuk menambah wawasan di bidang kerja serta menopang karier, maka kita perlu lebih selektif dengan buku yang kita pilih. Batasi subjek buku hanya sebatas yang terkait dengan bidang kerja yang kita geluti. Lain halnya jika tujuan membaca itu adalah mencari kesenangan serta menambah wawasan secara umum, maka buku apapun sepanjang menarik minat kita, bisa saja kita pilih untuk mebacanya.

Sebagaimana kita semua ketahui, di perpustakaan atau toko buku, berbagai buku telah dikelompokkan dalam subjek-subjek tertentu. Buku-buku soal manajemen berada di rak khusus buku manajemen. Begitupun dengan subjek-subjek lainnya. Dalam hal ini, pilihlah sejumlah buku yang kita nilai penting untuk membacanya.

Begitu telah mendapatkan beberapa buku di tangan, lihat dahulu masing-masing judulnya dengan cermat. Lantas, lihat daftar isinya. Kemudian lihat selintas bab demi bab dari buku bersangkutan. Lakukan hal yang sama terhadap sejumlah judul buku lain.

Setelah itu, lakukan pertimbangan ihwal buku mana yang layak kita pilih untuk dipinjam (kalau itu di perpustakaan) atau dibeli (kalau itu di toko buku).

Jika kita sangat mementingkan aspek ketermutakhiran, soal tahun terbitan buku layak kita prioritaskan. Semakin mutakhir tahun penerbitan sebuah buku, umumnya semakin mutakhir pula informasi yang dipaparkan dalam buku bersangkutan.

AYO BACA : 8 Tempat Wisata Belanja Super Murah di Bandung

Sekarang ini, berkat kemajuan teknologi, kita mungkin saja tidak perlu berpayah-payah untuk pergi ke toko buku atau ke perpustakaan di tengah kota demi agar bisa membaca buku yang kita ingini. Sejumlah situs internet menyediakan fasilitas e-book. Bahkan, beberapa di antaranya menyediakan e-book secara gretongan.

Kita bisa mencoba melihat-lihat buku apa saja yang bisa dibaca secara gratis pada sejumlah situs penyedia e-book. Siapa tahu, ada buku-buku yang berguna untuk menunjang karier kita dalam dunia kerja yang sedang kita jalani.

Di samping situs-situs yang menyediakan fasilitas e-book, terdapat juga ribuan atau bahkan mungkin jutaan situs khusus profesi yang bisa kita akses, baik yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri. Situs-situs profesi ini menyediakan berbagai bahan bacaan baik berupa hasil riset, makalah, atau cuma sekadar tips-tips praktis yang terkait dengan bidang-bidang profesi tertentu.

Sudah barang tentu kita bisa memanfaatkan sumber-sumber bacaan di situs-situs seperti ini untuk menambah wawasan dalam bidang tertentu yang kita tekuni, sekaligus tidak menutup kemungkinan sebagai salah satu penunjang karier kita sehingga makin mocer di kemudian hari.

Selamat berburu buku!

R Wulandari, pecinta buku.

AYO BACA : 10 Tempat Wisata Belanja Super Murah di Bandung

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar