Yamaha Mio S

Pemkab Bandung Barat Siapkan Santunan bagi Anggota KPPS Meninggal

  Kamis, 02 Mei 2019   Faqih Rohman
(Attia/Ayobandung.com)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM--Tercatat sedikitnya empat orang anggota KPPS di Kabupaten Bandung Barat meninggal dunia usai menjalankan tugasnya. Hampir seluruhnya meninggal karena kelelahan setelah proses penghitungan suara.

Menanggapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat berencana mengalokasikan santunan kepada keluarga anggota KPPS yang meninggal dunia. Walaupun, dari pemerintah pusat sudah ada anggaran khusus untuk itu.

AYO BACA : 2 Anggota KPPS KBB Meninggal Dunia

"Pemerintah pusat sudah kasih bantuan, barangkali mudah-mudahan kita juga ada partisipasi," ujarnya Bupati KBB, Aa Umbara kepada ayobandung.com, Kamis (2/5/2019).

Dia menjelaskan dana santunan tersebut memang tidak masuk dalam anggaran murni. Tetapi, diupayakan bisa dialokasikan dalam anggaran perubahan nanti.

AYO BACA : Kembali, Satu Anggota KPPS di Bandung Barat Meninggal Dunia

"Karena memang kita tidak anggarkan dalam anggaran murni, mudah-mudahan atas persetujuan semua pihak termasuk DPRD KBB bisa ada bantuan di anggaran perubahan," katanya.

Umbara menyebutkan petugas KPPS tersebut merupakan pahlawan demokrasi, karena telah turut menyukseskan Pemilu 2019.

"Mudah-mudahan yang meninggal dunia diterima amal ibadahnya. Itu sebagai pahlawan yang istilahnya menjadi ahli surga dan semua dosanya diampuni," ucapnya.

Sementara itu, terpisah Ketua KPU KBB, Adie Saputro mengatakan terkait santunan kepada anggota KPPS yang meninggal dunia akan diberikan kepada ahli waris atau keluarganya. 

"Untuk santuan ada, dan kami pun sedang menunggu keputusan dari KPU RI," pungkasnya.

AYO BACA : Agus Anggota KPPS Laksanamekar Padalarang Meninggal Dunia Karena Kelelahan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar