Yamaha NMax

Jalur Pendakian Gunung Ciremai Ditutup Selama Ramadan

  Kamis, 02 Mei 2019   Erika Lia
Gunung Ciremai. (Antara)

KUNINGAN, AYOBANDUNG.COM--Seluruh jalur pendakian ke Gunung Ciremai bakal ditutup selama selama Ramadhan. Alasannya adalah untuk pemulihan satwa dan tumbuhan liar di gunung tersebut.

Penutupan dilakukan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) mulai 5 Mei hingga 4 Juni 2019. Selain memulihkan satwa dan tumbuhan liar, penutupan juga dilakukan untuk pemeliharaan jalur pendakian pada gunung yang membentang di dua daerah, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Jalur pendakian akan kembali dibuka pada 5 Juni 2019, kata Kepala BTNGC, Kuswandono, Kamis (2/5/2019).

Dijelaskan, sebagai kawasan konservasi, pengelolaan TNGC menganut tiga fungsi, masing-masing perlindungan, pengawetan, dan pemanfaatan lestari. Dalam hal pengawetan, salah satunya dilakukan dengan memberi kesempatan pada alam untuk memulihkan diri.

Penutupan jalur pendakian dipandang bisa membuat pihaknya melakukan pemulihan ekosistem, terutama pada jalur pendakian. Pihaknya berharap, penutupan selama sebulan akan membuat alam rehat sejenak.

Gunung Ciremai pun butuh istirahat, seperti semua hal di dunia agar kembali fresh, cetusnya.

Penutupan sementara itu pula dimaksudkan agar pengelola pendakian dapat berbenah menata jalur pendakian. Pembenahan itu pun dimaksudkan agar para pendaki aman dan nyaman saat mendaki Gunung Ciremai kelak.

Rencananya, BTNGC juga akan memperbaiki mekanisme pengelolaan pendakian, di antaranya dengan memesan pendakian online untuk keamanan, kenyamanaan, dan ketertiban bersama. Jalur pendakian ke Gunung Ciremai selama ini diketahui ada empat jalur, tiga jalur di antaranya termasuk Kabupaten Kuningan dan satu jalur lain termasuk Kabupaten Majalengka.

Jalur pendakian yang masuk Kabupaten Kuningan yakni jalur Linggarjati di Desa Linggarjati, jalur Linggasana di Desa Linggasana, Kecamatan Cilimus, dan jalur Palutungan di Desa Cisantana, Kecamatan Cigugur. Sementara, jalur pendakian di Kabupaten Majalengka adalah jalur Apuy di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar