Yamaha Lexi

Sekda Jabar: Ramadan Harus Jadi Sarana Peningkatan Ibadah dan Kerja Keras

  Kamis, 02 Mei 2019   Nur Khansa Ranawati
Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa. (Nur Khansa/ayobandung)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa meminta seluruh jajaran aparatur sipil negara di Provinsi Jawa Barat untuk tetap mempertahankan produktivitas dan kinerja positifnya selama Ramadan.

Berdasarkan surat edaran yang dikeluarka pemerintah provinsi, jam kerja efektif ASN mengalami penyusutan menjadi 32 jam 30 menit selama Ramadan. Namun Iwa mengingatkan bahwa bulan Ramadan ini harus dijadikan sebagai sarana peningkat kinerja lebih optimal.

"Ramadan ini justru merupakan bagian dari upaya meningkatkan ibadah. Termasuk juga meningkatkan kinerja di mana kinerja ini harus bermanfaat untuk masyarakat Jawa Barat sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan," kata Iwa, Rabu (1/5/2019).

AYO BACA : 5 Film Marvel yang Ditunggu Setelah

Secara implisit Iwa menuturkan bahwa ritual saum selama Ramadan tidak boleh melemahkan kinerja para ASN. Alih-alih demikian, Iwa menilai peningkatan kinerja dan produktivitas menjadi salah satu intisari dari ibadah selama Ramadan.

"Nah ini lah ibadah intinya. Ibadah saum kita padukan dengan pengabdian dan kerja keras dengan demikian semua tugas kita, saum maupun tidak saum, insyaallah dilaksanakan dengan maksimal," ujarnya.

Berdasarkan Surat Edaran Nomor 062//29/ORG tentang Penetapan Jam Kerja pada Bulan Ramadan 1440 H/2019 M di Lingkungan pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat ditetapkan jam kerja efektif ASN selama 32 jam 30 menit.

Perinciannya, pada hari Senin-Kamis, jam kerja ASN berlaku sejak pukul 07.30-14.30 WIB dengan waktu istriahat pukul 12.00-12.30 WIB. Sementara hari Jumat jam kerja merentang sejak pukul 07.30-15.00 WIB dengan waktu istriahat pukul 11.30-12.30 WIB. Sedangkan bagi perangkat daerah yang melakukan pelayanan pada hari Sabtu, jam kerja berlaku pukul 08.00-12.00 WIB.
 

AYO BACA : Polling: 4 Lokasi Calon Pengganti Ibu Kota Jakarta, Apa Pilihan Kamu?

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar