Yamaha Mio S

Iwa Karniwa: Sambut Ramadan dengan Jaga Persatuan

  Rabu, 01 Mei 2019   Nur Khansa Ranawati
Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa (kedua dari kiri). (Nur Khansa/ayobandung)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Sekretaris Daerah Jawa Barat, Iwa Karniwa melaksanakan syukuran kecil untuk menyambut bulan suci Ramadan alias munggahan. Syukuran tersebut dilaksanakan di rumah dinasnya yang berlokasi di Jalan Aria Jipang, Kota Bandung, Rabu (1/5/2019).

Selepas rangkaian acara syukuran yang dihadiri kerabat dan sejumlah ASN tersebut, Iwa mengatakan, kegiatan munggahan ini salah satunya dimaksudkan untuk menjaga persatuan dan kesatuan menyambut kedatangan bulan suci.

"Saya ingin menjaga apa yang sudah kita lakukan selama ini. Jangan sampai terjadi perpecahan karena kita ada perbedaan pilihan, perbedaan pendapat. Tetap kita harus menjaga persatuan dan kesatuan," kata Iwa kepada wartawan.

Kesatuan dan persatuan ini penting dijaga sebagai bekal awal meningkatkan ibadah dan kerja keras selama Ramadan. Rasa kesatuan yang terbangun akan meringankan beban dalam melaksanakan tujuan kerja dan ibdah selama Ramadan.

"Kita ingim merapatkan barisan sehingga bisa meningkatkan kualitas ibadah, baik yang sesuai dengan ketentuan Alquran dan hadits, maupun yang bersifat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jawa Barat," ujarnya.

Perayaan munggahan ini juga dimaksudkan untuk mempererat ajang silaturahmi dan melepaskan maaf antara satu sama lain. Menurutnya, manusia tidak terlepas dari kekhilafan, baik yang dilakukan secara sadar maupun tak disengaja.

"Di antara kita nyaris 24 jam berinteraksi, banyak khilaf, salah maupun sikap kurang berkenan. Sekaligus kita saling mengingatkan, mudah-mudahan yang hadir mendapat ampunan dan syafaat," terangnya.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar