Yamaha NMax

HIPMI Kota Bandung Hibahkan Aplikasi Lemon ke Koperasi Binaan Dinas UMKM

  Rabu, 01 Mei 2019   Anya Dellanita
HIPMI Kota Bandung menyerahkan secara simbolis hibah aplikasi bernama LEMON (Layanan Elektronik Microbanking Online). (Anya Dellanita/Ayobandung.com)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) BPC Kota Bandung melalui Kompartemen Bidang Koperasi, UMKM, dan Tenaga Kerja bekerja sama dengan salah satu pengurus sekaligus Founder Startup Layanan Aplikasi Koperasi untuk mendukung gerakan digitalisasi koperasi nasional, khususnya di Kota Bandung membuat sebuah aplikasi bernama LEMON (Layanan Elektronik Microbanking Online). Nantinya, aplikasi akan diberikan secara gratis pada koperasi-koperasi binaan Dinas KUMKM Kota Bandung di Kota Bandung.

Hal tersebut diumumkan saat acara penandatangan MoU hibah aplikasi dari Hipmi Bandung ke Koperasi Binaan Dinas Koperasi dan UKM kota Bandung, di Platform 78 Cafe, Selasa (30/4/2019). Acara penandatanganan ini dihadiri langsung oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Bandung Priana Wirasaputra, Ketua Umum BPC HIPMI Kota Bandung Surya Batara Kartika, Kompartemen Pembinaan Koperasi HIPMI kota Bandung sekaligus Founder Aplikasi Lemon Ellangga Seta dan perwakilan dari Koperasi serta anggota HIPMI kota Bandung.

Menurut Ketua Umum BPC HIPMI Kota Bandung Surya Batara Kartika, saat ini baru sekitar 20% dari total 150 ribu lebih koperasi yang sudah mengadopsi teknologi informasi dalam pelayanannya.

“HIPMI berharap melalui program ini, koperasi-koperasi di Kota Bandung bisa naik kelas untuk go digital dan memberikan pelayanan yang lebih efektif, efisien, serta terpercaya,” ujar Surya, seperti dalam keterangan resmi yang diterima Ayobandung.com, Rabu (1/5/2019).

AYO BACA : Sokong Program, Pemkot Bandung Minta Hipmi Bersinergi

Surya menambahkan, dengan adanya MoU antara HIPMI dengan Dinas KUMKM Kota Bandung ini, HIPMI bersedia untuk mendukung program-program kerja Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bandung dalam hal peningkatan kinerja koperasi melalui event-event dan pelatihan serta peningkatan jumlah unit usaha mikro kecil dan menengah sesuai dengan visi misi HIPMI BPC Kota Bandung yaitu Bigger and Stronger.

“Kami mendukung program walikota Bandung , yakni mewujudkan 1 kelurahan 1 koperasi dan program -program walikota lainnya, demi mendukung perekonomian kota Bandung yang mandiri, kuat dan berkeadilan,” kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas KUKM kota Bandung Priana Wirasaputra berharap agar kerjasama ini bisa bermanfaat aplikasinya untuk koperasi. 

"Seperti proses bisnis menjadi lebih mudah, seluruh anggota menjadi lebih cepat seperti mengecek dan mengetahui simpanan dan SHU ada berapa. Aplikasi ini sangat membantu koperasi untuk pemanfaatan teknologi dengan anggota tercatat 500 ribuan dan semoga mempunyai manfaat untuk anggota,” tuturnya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar