Yamaha

Peringati May Day, Ribuan Buruh Gelar Aksi Unjuk Rasa di Depan Gedung Sate

  Rabu, 01 Mei 2019   Anya Dellanita
Massa yang tergabung dalam Serikat Pekerja Nasional (SPI) Jawa Barat menggelar aksi damai memperingati Hari Buruh Internasional 2019 di depan Gedung Sate,Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (1/5/2019). (Kavin Faza/ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Ribuan buruh melakukan aksi unjuk rasa dalam rangka memperingati May Day di depan Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (1/5/2019). Mereka mengungkapkan beragam tuntuntan kepada pemerintah.

Sebelum sampai di Gedung Sate, massa berkumpul terlebih dahulu di Monumen Perjuangan (Monju) lalu melakukan longmarch. Mereka tergabung dalam berbagai serikat pekerja yang ada di Jawa Barat.

AYO BACA : Sambut Ramadan, 35 Ribuan Warga Kota Bandung Akan Lakukan Bebersih

Dari pantauan ayobandung.com terlihat massa membawa beragam tulisan dalam bentuk spanduk. Menurut mereka, akksi May Day tahun ini murni untuk memperjuangkan kesejahteraan buruh yang selama ini menjadi tuntutan kepada pemerintah.

"Kita memperjuangkan kesejahteraan kaum buruh. Bukan kepentingan atau suara-suara lainnya," kata pimpinan orator dari salah satu serikat buruh.

AYO BACA : Hari Buruh, Sejumlah Fasilitas Publik Dirusak Oknum Pelajar di Bandung

Tuntutan buruh di antaranya adalah merevisi Pergub No 54 tahun 2018 tentang tata cara penetapan dan pelaksanaan upah minimum. "Gubernur (Jabar) pernah menjanjikan mau revisi tapi belum hingga saat ini," ungkapnya.

Selain itu, massa juga meminta Pemprov Jabar membuat Perda Pengawasan Ketenagakerjaan yang melibatkan serikat pekerja. Alasaannya, hingga saat ini dinilai pengawasan ketenagakerjaan tidak berjalan optimal.

"Pengawasan ketenagakerjaan, banyak perusahaan yang tidak melaksanakan upah normatif, pengawasan tidak berjalan dengan baik," tuturnya

AYO BACA : Sempat Ricuh, Ratusan Remaja Berseragam Hitam Susupi Aksi Buruh di Bandung

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar