Yamaha Aerox

4 Tempat Sarapan Legendaris dan Murmer di Bandung

  Rabu, 01 Mei 2019   Nur Khansa Ranawati
Salah satu penjual makanan di kawasan GOR Saparua. (Nur Khansa/ayobandung)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kota Bandung banyak dikenal sebagai kota surga kuliner. Tak hanya di mata pelancong, warga sekitar pun seolah memiliki kesenangan untuk menjajal ragam makanan yang tersedia di kota ini, bahkan sejak pagi hari.

Oleh karenanya, Bandung memiliki sejumlah tempat sarapan favorit para warga, yang telah beroperasi sejak lama. Berikut kami rangkum 4 tempat yang dapat dicoba : 

1. Saparua
Di depan GOR Saparua, Anda dapat menemukan jajaran warung makan kaki lima yang sebagian sudah beroperasi sejak pagi. Tempat yang dulu dikenal sebagai Gelora ini tak hanya dijadikan lokasi favorit untuk berolahraga secara cuma-cuma, tapi juga untuk sarapan dan makan malam. Untuk sarapan pagi, salah satu menu favorit yang kerap dinikmati pengunjung adalah nasi kuning. Selain itu, lontong kari, bubur ayam atau kupat tahu juga bisa menjadi pilihan. Harganya ramah di kantong, berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp15 ribu.

Selain sarapan, Anda juga bisa menikmati matahari pagi dengan membeli minuman seduh sembari duduk-duduk di area taman dan bangku lapang basket yang telah dipugar.

2. Pasar Cihapit
Selain menjadi salah satu tempat andalah warga kota untuk berbelanja kebutuhan harian, kawasan Pasar Cihapit tak pernah sepi sejak pagi karena banyak pedagang kaki lima dan warung tenda yang berjualan menu sarapan. Sebut saja Nasi Kuning Ibu Imas, aneka kupat tahu, empal gentong, dan sebagainya. Ada pula jajanan ringan yang dapat jadi pilihan bila Anda tidak ingin makanan berat, seperti bola ibu, singkong keju, jamur krispi, dan sebagainya.

AYO BACA : Kronologis Penangkapan Bupati Talaud oleh KPK

Selain itu, salah satu kudapan yang 'wajib' Anda cicipi bila mampir ke sini adalah Surabi Cihapit. Warung Surabi yang telah beroperasi sejak 20-an tahun lalu ini menyediakan aneka rasa selain surabi oncom dan kinca yang klasik, seperti rasa keju, cokelat, hingga susu. Harganya cukup murah, mulai dari Rp6000 per-porsi. 

3. Bubur Ayam Mang Oyo
Tempat sarapan yang terletak di Jalan Sulanjana ini adalah salah satu spot favorit warga Kota Kembang untuk mengisi perutnya di pagi hari. Buka sejak pukul 6 pagi, menu andalan tempat ini--sesuai namanya--adalah bubur ayam. Bukan sekedar bubur, Bubur Ayam Mang Oyo menjadi terkenal karena buburnya yang cukup kental tidak akan tumpah bila piring sajinya dibalik.

Selain bubur, ada pula menu makanan lain yang tersedia di sini. Harga tiap porsinya rata-rata tidak lebih dari Rp20 ribu.

4. Jalan Gempol
Di Jalan Gempol, ada dua hal yang patut Anda coba selagi berwisata di Kota Kembang; yakni kupat tahu dan roti bakar. Kupat Tahu Gempol cukup legendaris, karena telah beroperasi sejak 1965. Banyak warga yang menjadi pelanggan setia kupat tahu ini salah satunya karena bumbunya yang 'pas' di lidah dan  kental.

Untuk roti bakar, Anda dapat mengunjungi toko roti Gempol yang juga menjual aneka roti tawar yang dibuat langsung di tempat tersebut. Menu yang disajikan untuk dimakan di tempat juga bervariasi; mulai dari roti bakar manis berisikan selai kacang dan cokelat, hingga roti bakar asin dan gurih berisikan daging, telur dan keju. 

AYO BACA : Polling: 4 Lokasi Calon Pengganti Ibu Kota Jakarta, Apa Pilihan Kamu?

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar