Yamaha Lexi

Wisata Sejarah dan Pusat Kesenian di Gedung Juang 45 Bekasi

  Selasa, 30 April 2019   Rizma Riyandi   Netizen
Gedung Juang 45 Bekasi

Wisata sejarah merupakan salah satu kegiatan yang banyak dilakukan ketika akhir pekan maupun hari-hari biasa. Terutama bagi para orang tua, mengajak anak anaknya untuk berlibur sekaligus belajar. Ada salah satu wisata sejarah yang memiliki nuansa nasionalis, yaitu Gedung Juang 45 Bekasi. Wisata sejarah ini berlokasi di Tambun Selatan, Bekasi, Jawa Barat.

Gedung Juang 45 ini merupakan satu-satunya tempat bersejarah yang memiliki nilai sejarah mengenai Bekasi sebelum dan sesudah kemerdekaan. Gedung ini dibangun melalui dua tahap. Tahap pertama dimulai pada tahun 1906 sampai dengan 1910, kemudian dilanjutkan tahun 1912 sampain dengan 1925. Gedung ini memiliki nama asli Landhuis Tamboen atau gedung tinggi, namun masyarakat Bekasi lebih mengenal bangunan ini dengan nama Gedung Juang 45. Landhuis Tamboen diambil dari nama keluarga sang pemilik tanah, yaitu keluarga Khouw Van Tamboen.

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini diantaranya, tempat parkir, toilet dan juga pemandu wisata, jadi tidak perlu khawatir ketika anda berkunjung kesana. Anda bebas bertanya-tanya mengenai Gedung Juang 45 ini, terutama tentang sejarah panjangnya tempat ini. Ditempat wisata Gedung Juang 45 ini tidak hanya terdapat satu gedung saja, namun terdapat bangunan-bangunan lainnya, seperti patung-patung pahlawan dan juga beberapa barang peninggalan masa penjajahan.

Selain menawarkan keindahan dan juga edukasi bagi para pengunjung, tempat ini terbilang sangat murah. Tidak ada tiket masuk untuk ketempat ini, anda hanya perlu membayar untuk biaya parkir kendaraan saja dan juga biaya operasional untuk pemandu wisata. Untuk biaya operasional pemandu wisata anda dapat membayar mulai dari Rp.5000 sampai dengan Rp.10.000. Tempat wisata ini sebenarnya sudah milik pemerintah, namun pemerintah menyerahkan segala kegiatan disana kepada Komunitas Seni dan Budaya Bekasi. Pemerintah hanya memberikan dana untuk perawatan tempat tersebut, maka para anggota Komunitas Seni dan Budaya Bekasi memberi tarif untuk kunjungan.

Wisata Gedung Juang 45 beroperasi setiap hari mulai pukul 08.00 sampai dengan 19.00. Pada hari sabtu beroperasi hingga pukul 20.00. Jika anda berkunjung pada sabtu malam, anda akan disuguhkan oleh penampilan beberapa komunitas seni dan budaya yang ada di Bekasi. Mulai dari seni seni tradisional sampai dengan modern. Selain tempat wisata sejarah, Gedung Juang 45 juga menjadi tempat pusat kesenian di Bekasi yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah Bekasi. Jika anda ingin mengenal kesenian modern dan tradisional, anda bisa datang ketempat ini pada sabtu malam.

Itulah wisata Gedung Juang  45 ini dapat menjadi salah satu rencana liburan anda di akhir pekan, selain untuk berlibur anda juga dapat belajar, Anda juga dapat menikmati suguhan pertunjukkan seni disini.

Gagas Yoga Pratomo

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar