Yamaha NMax

Polling: 4 Lokasi Calon Pengganti Ibu Kota Jakarta, Apa Pilihan Kamu?

  Selasa, 30 April 2019   Andres Fatubun
Tugu Monumen Nasional, ikon khas Kota Jakarta Ibu Kota Indonesia.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Presiden Joko Widodo memutuskan akan memindahkan Ibu Kota Jakarta ke luar Pulau Jawa. Keputusan tersebut diambil dalam rapat terbatas mengenai pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (29/4/2019). 

Sejumlah kota yang menjadi usulan utama pengganti Jakarta berada di Kalimantan. 

Pertimbangan utamanya karena Kalimantan lebih aman dari bencana gempa dibandingkan Pulau Jawa. Kajian tahap awal dari Bappenas pemilihan wilayah ibukota mengerucut pada tiga kandidat, yaitu Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Selain itu, kota-kota yang berada di pulau yang kaya akan tambang tersebut pernah diusulkan oleh presiden-presiden sebelumnya. 

Selain Kalimatan, terdapat satu kota di Sulawasi yang pernah diusulkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla yaitu Mamuju.  

Nah, menurut kamu mana kota yang paling layak sebagai pengganti.

1. Palangka Raya
Palangka Raya adalah yang paling santer disebut sebagai lokasi ibu kota yang paling potensial Ide ini bahkan pernah muncul sejak zaman Presiden Soekarno. Pada tahun 2017, nama Palangka Raya kembali disebut sebagai calon ibu kota baru. Kota ini memiliki luas 2.400 kilometer persegi, tetapi jumlah penduduknya masih relatif sedikit.

AYO BACA : Bandung Pernah Hampir Jadi Ibu Kota Indonesia

2. Balikpapan
Kalimantan Timur pernah mengajukan diri sebagai ibu kota baru Indonesia. Gubernur Awan Faroek menyampaikan bahwa Balikpapan memiliki lokasi strategis dan infrastruktur mumpuni untuk menjadi ibu kota baru.

"Kami memiliki semua yang dibutuhkan," ujar Gubernur Awang Faroek seperti dikutip Antara pada tahun 2013. "Kami juga memiliki pelabuhan laut dan bandara yang sangat representatif," ujarnya.

3. Mamuju
Dalam rapat terbatas pada Senin (29/4/2019),  Presiden Jokowi menyatakan jika Jusuf Kalla mengusulkan kabupaten Mamuju menjadi ibu kota baru. Hal tersebut diungkapkan saat rapat terbatas di Kantor Presiden, Senin (29/4/2019).

"Pak Wapres silakan, tadi bisik-bisik mengusulkan Mamuju," ujarnya setelah berbicara di Kantor Presiden. 

Namun, usulan Mamuju juga bukanlah hal baru. Pada tahun 2017 lalu JK juga pernah menyebut nama Mamuju sebagai salah satu lokasi ibu kota baru.

4. Tanah Bumbu
Tanah Bumbu (Tanbu) sempat muncul sebagai pilihan untuk ibu kota Indonesia. Dilaporkan Antara, pada tahun 2017 daerah ini sempat masuk pertimbangan sebagai ibu kota karena tanahnya.

Berdasarkan laporan tersebut, Palangka Raya boleh memenuhi syarat karena wilayahnya didominasi daerah gambut, sementara kabupaten Tanah Bumbu memiliki tanah yang keras sehingga dinilai lebih layak.

AYO BACA : 8 Kota yang Lebih Dulu Memindahkan Ibu Kota, Indonesia Mau Mengikuti?

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar