Yamaha Lexi

Mengenal Lebih Dekat Bandung Command Center

  Senin, 29 April 2019   Adi Ginanjar Maulana
Bandung Command Center

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Bandung Command Center (BCC) merupakan salah satu upaya menjadikan Bandung sebagai kota cerdas (smart city) berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Dilansir situs resmi Humas Pemkot Bandung, BCC sebagai ruang kontrol dengan sistem mutakhir, diluncurkan pada Januari 2015. Kehadiran BCC yang berada di Balai Kota Bandung ini dibuat untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan serta meningkatkan kualitas pelayanan publik yang lebih baik lagi.

BCC dirancang dalam ruangan terpadu super canggih seperti di film Star Trek. Di dalamnya terdapat aplikasi yang bisa memonitor situasi Kota Bandung terkini. Situasi dan kondisi kemacetan lalu lintas yang terjadi hingga banjir dapat dilakukan pengawasan dan penyebaran informasi secara real time.

Melalui teknologi canggih, pelayanan publik di Kota Bandung juga dapat diakses dengan mudah sehingga pemerintah dapat mengambil keputusan secara cepat dan tepat. Seperti dalam mengecek soal perizinan dan sebagainya.

Data cuaca, peta, video feed, special vehicles location, video analisis dan sebagainya juga dapat dipantau dan diakses dari sana. Kontrol dan pantauan dari BCC tersambung dengan CCTV yang dipasang di sudut-sudut kota. Rekaman-rekaman dari CCTV tersebut dapat dianalisis lebih detail sehingga memunculkan notifikasi sesuai kebutuhan.

Lewat BCC, pengawasan kota dilakukan dengan mengamati layar komputer. Pengoperasiannya dilakukan para ahli teknologi komputer, di depan meja kerja berbentuk lingkaran dengan banyak monitor yang tersebar di setiap bagian ruangan. Masyarakat atau user juga dapat mengakses info kota, dengan menggunakan komputer atau gawai yang terintegrasi via internet.

Pendek kata, BCC berperan sebagai pengendali semua informasi sekaligus pusat data informasi dari seluruh instansi di lingkungan Pemerintah Kota Bandung.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar