Yamaha NMax

Kopi, Penopang Ekonomi Desa Parentas

  Sabtu, 27 April 2019   Irpan Wahab
Kades Parentas Andi Ramdani mengenalkan kopi parentas

PARENTAS, AYOBANDUNG.COM--Banyak cara yang dilakukan pemerintah desa dalam mengdongkrak perekonomian warga. Salah satunya melalui budidaya kopi. Seperti yang dilakukan pemerintah desa Parentas Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. Bahkan, pemerintah desa berani membeli lahan warga dan disulap jadi perkebunan kopi.
\n
\nKepala Desa Parentas Andi Ramdani mengatakan, dari tahun 2017 pihaknya sudah membeli beberapa hektare tanah milik warga. Tanah itu, dikembalikan oleh warga untuk diurus dan ditanami kopi. 
\n
\nTanah itu diurus oleh masyarakat dan digalakam kepada masyarakat untuk penanaman kopi, papar Andi kepada Ayotasik.com, Sabtu (27/4/2019).
\n
\nDipilihnya kopi sebagai komoditas ekonomi, lanjut Andi, karena sejak dulu Desa Parentas dikenal sebagai penghasil kopi. Hal ini terbukti dengan sudah masuknya kopi parentas yang jenis arabica di cafe cafe Tasikmalaya.
\n
\nAlhamdulilah kita sudah kenalkan ke beberapa cafe di Tasikmalaya, paling bersaingnya dengan kopi gayo  papar Andi.
\n
\nBukan hanya menanam kopi, pemerintah desa juga melakukan pembibitan, penanaman, pemetikan dan pengemasan. Pengelolaan kopi ini langsung dilakukan oleh BUMdes.
\n
\nKita lakukan pengemasan juga. Agar lebih menarik perhatian pembeli. Pengelolaannya dibawah BUMdes. Jadi uang itu muter di desa Parentas. Dari masyarakat kembali ke Masyarakat, tambah Andi.
\n
\nHingga saat ini, pemerintah desa sudah mempunyai 200 hektare lahan kopi. Dengan masifnya penanaman dan luas wilayah perkebunan kopi Andi yakin, kopi Parentas akan menguasai pasar kopi di Tasikmalaya.
\n
\nMudah mudahan kopi Parentas bisa dikenal luas oleh masyarakat penikmat kopi khususnya Tasikmalaya. pungkas Andi.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar