Yamaha NMax

Relief Unik Bioskop Dian, Menceritakan Tentang Suasana Pedesaan

  Sabtu, 27 April 2019   Anya Dellanita
Relief Unik Bioskop Dian, Menceritakan Tentang Suasana Pedesaan. (ayobandung.com/Anya D)

REGOL, AYOBANDUNG.COM--Tak hanya bentuk bangunannya yang masih memiliki bentuk yang sama, gedung bekas Bioskop Dian juga masih mempertahankan relief unik di sisi kiri dan kanan temboknya. Relief itu ada di kedua sisi bagian depan pintu masuk.

Bangunannya sendiri masih kental dengan suasana jadulnya, terlihat di bagian depan bangunan ada tujuh jendela yang berjejer.

Menurut pegiat sejarah Komunitas Aleut, Ridwan Hutagalung, relief yang berada di kedua sisi pintu masuk gedung bioskop Dian menceritakan suasana pemandangan alam pedesaan 

"Soal relief seingat saya itu suasana tani dan alam Priangan," ujar Ridwan saat dihubungi via pesan whatsapp, Sabtu (27/4/2019).

Ridwan menjelaskan relief tersebut dibuat beberapa tahun setelah bioskop itu didirikan. Tepatnya setelah Indonesia merdeka, sekitar tahun 1960.

"Relief itu kayanya ditambahkan belakangan, sekitar tahun 1960an," ujarnya.

Saat ini gedung Bioskop Dian terdaftar sebagai Bangunan Cagar Budaya Golongan A di Kota Bandung.

Informasi tersebut juga dipajang di tembok depan sebelah kanan gedung gedung yang menjelaskan bahwa bangunan tersebut terdaftar sebagai Bangunan Cagar Budaya berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandung Nomor 19 Tahun 2009 tentang Pengelolaan Kawasan dan Bangunan Cagar Budaya.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar