Yamaha Lexi

Curug Koja, Wisata Alam Instagramable di Tasikmalaya

  Jumat, 26 April 2019   Irpan Wahab Muslim
Curug Koja. (Irpan Wahab/Ayobandung.com)

CIKATOMAS, AYOBANDUNG.COM–Bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan dengan berwisata, Curug Koja di kampung Citamiang, Desa Linggalaksana, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, bisa menjadi alternatif. Selain menawarkan keindahan alam, Curug Cikoja aman untuk berenang.

Menuju curug yang paling hilir di Kecamatan Cikatomas ini bukan perkara mudah. Jika dari Arah Kota Tasikmalaya, Anda harus berkendara menyusuri wilayah selatan melewati Kecamatan Sukaraja. Setelah melewati Masjid Al-Askari Sukaraja, Anda melanjutkan dengan mengambil arah kiri menuju wilayah Kecamatan Cikatomas. 

Dari Alun-alun Kecamatan Cikatomas, perjalanan dilanjutkan dengan jalanan cukup sempit menuju Kampung Citamiang, Desa Linggalaksana, yang berjarak lebih kurang 8 km. sesampainya di permukiman sekaligus tempat parkir kendaraan, perjalanan kembali dilanjutkan dengan menyusuri area persawahan dan bukit selama 20 menit.

AYO BACA : Curug Putri Buper Palutungan dan Kisah Noni Belanda

Setibanya di lokasi Curug Koja, seketika rasa lelah perjalanan panjang sirna. Keindahan Curug Koja, kesejukan suasana serta segarnya air curug seakan membayar rasa lelah di perjalanan. Berdasarkan penuturuan warga sekitar, Andri Herdiana, Curug Koja merupakan curug yang paling atas atau hilir. Air dari Curug Koja terus mengalir ke hulu melewati Curug Cibakom dan Ciwatin.

“Biasanya ramai pada hari libur, kebanyakan pengunjung dari wilayah Tasikmalaya saja, karena memang cukup jauh dari wilayah perkotaan, “ papar Andri kepada Ayotasik.com, Jumat (26/4/2019).

Berbeda dari curug lainnya, Curug Koja memiliki kontur yang sangat unit. Batuan kapur seakan menyembut ke permukaan air dan memiliki beberapa tingkatan. Hal ini menambah keindahan Curug ketika air turun tidak langsung jatuh ke permukaan tetapi seakan mengalir melewati kontur bukit kapur.

AYO BACA : Batu Mahpar Tasik Tawarkan Berbagai Curug yang Sejuk

“Mungkin di situ daya tariknya, kalau di curug lain kan air itu seolah jatuh langsung ke permukaan. Kalau di sini tidak, jadi terlihat mengalir melewati kelokan bebatuan kapur,“ tambah Andri.

Bagi Anda yang hobi berenang, Curug Koja bisa menjadi wahana permainan air. Meski memiliki kedalaman sekitar 5 meter, namun disarankan untuk menggunakan alat kemanan atau pelampung. Untuk menikmati keindahan Curug Koja, pengunjung cukup membayar tiket sebesar Rp5.000 per orang.

“Pengelolaannya sendiri dilakukan oleh pemerintah desa. Warga di sini merasa terbantu dengan banyaknya pengunjung. Banyak warga yang membuka warung menjual makanan ringan,“ papar Andri.

Salah satu pengunjung yang ditemui Ayotasik.com yakni Risma Melati (23) warga Kecamatan Salopa. Risma mengakui curug koja mempunyai keindahan tersendiri dibanding dengan curug lain yang ada di Tasikmalaya. 

“Ada keistimewaan tersendiri. Saya sering mengunjungi curug tapi ada sesuatu yang beda tiap curug. Ini lebih indah kalau saya pikir karena alirannya beda,“ papar Risma.

AYO BACA : Menikmati Konser Musik Alam di Curug Cipeuteuy

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar