Yamaha Lexi

Kebun Raya Bogor Perkenalkan Puluhan Jenis Baru Tumbuhan

  Jumat, 26 April 2019   Fira Nursyabani
Peneliti Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Wisnu Aji Handoyo menunjukkan penemuan jenis baru tumbuhan Begonia galeolepis di ruang pembibitan, Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/4/2019). (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Kebun Raya Bogor di bawah pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memamerkan puluhan jenis baru tumbuhan pada kegiatan 'Press Tour', Kamis (25/4/2019). Ada tiga kelompok tumbuhan jenis baru, yaitu Begonia, Kemuning, dan Hoya.

"Pengungkapan jenis baru tumbuhan berkontribusi penting dalam konservasi tumbuhan, dan memberikan pemahaman baru tentang keanekaragaman jenis tumbuhan Indonesia serta sumberdaya yang kita miliki,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R Hendrian.

AYO BACA : Museum Pertanian di Bogor Terbaik di Asean

Ia menjelaskan, pelaksanaan tugas-fungsi penelitian dan konservasi terus menerus diperkuat, di samping tetap memperhatikan tugas-fungsi lainnya sesuai Peraturan Presiden Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya.

Pada kegiatan itu, dipamerkan 32 jenis baru Begonia yang merupakan hasil ekspedisi dan penelitian dalam kurun 10 tahun terakhir. Menurutnya diperkirakan Indonesia memiliki lebih dari 400 Begonia dari total 1.924 jenis yang terdapat di kawasan tropis dunia.

AYO BACA : Belasan Kios Suvenir di Depan Kebun Raya Bogor Dibongkar

Jenis baru lain yang dipamerkan adalah tanaman Kemuning jenis Murraya Cyclopensis. Hendrian mengatakan, awalnya jenis ini diidentifikasikan sebagai Murraya paniculata, namun setelah menghasilkan bunga dan buah ternyata bukan termasuk jenis Murraya paniculata, sehingga diubah namanya.

Terakhir, penemuan tanaman Hoya sebanyak 10 jenis. Khusus tanaman jenis ini, penelitian dilakukan mulai tahun 2014 hingga tahun 2019.

Sebagai informasi, kegiatan Press Tour juga dilakukan dengan mengunjungi fasilitas Herbarium Kebun Raya Bogor yang mengoleksi 50 ribu spesimen tanaman yang diawetkan, sebagian besar dalam bentuk kering.

AYO BACA : Kebun Raya Cibinong 2 Kali Lebih Luas dari Kebun Raya Bogor

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar