Yamaha NMax

Bogor dan Depok Pertimbangkan Larang Pemutaran Film 'Kucumbu Tubuh Indahku'

  Jumat, 26 April 2019   Husnul Khatimah
Wali Kota Bogor, Bima Arya, di sela-sela acara nobar Keluarga Cemara. (Husnul Khatimah/ayobandung.com)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor akan mengkaji penayangan film layar lebar berjudul 'Kucumbu Tubuh Indahku' di bioskop-bioskop kota hujan.

"Kalau Pemkot punya kewenangan untuk melarang kita larang, kita lihat dulu kewenangan Pemkot, Pemkot ada kewenangan gak," kata Bima, Jumat (26/4/2019).

AYO BACA : Film Kucumbu Tubuh Indahku, Karya Garin Nugroho

Bima menuturkan saat ini Kota Bogor sendiri tengah dibangun menjadi Kota Ramah Keluarga maka jika film layar lebar tersebut tidak sesuai dengan nilai kota ramah keluarga bisa saja dilarang tayang. "Kalau tidak ramah keluarga, ya kita minta tidak diputar di Kota Bogor, saya sendiri belum lihat konten filmnya. Saya belum liat, saya harus tahu dulu itu," katanya.

Sementara itu Pemkot Depok telah mengeluarkan surat keberatan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk melarang penayangan film berjudul 'Kucumbu Tubuh Indahku' di bioskop di wilayah setempat.

AYO BACA : Bima Arya Minta Evaluasi Sistem Pemilu, Terutama Batas Usia Petugas KPPS

"Film tersebut diduga memiliki konten negatif yang dapat mempengaruhi generasi muda," kata Wali Kota Depok, Mohammad Idris di Depok, Kamis (25/4/2019).

Ada tiga alasan utama Pemerintah Kota Depok melarang tayangan film tersebut, yakni pertama berdampak pada keresahan di masyarakat. Adegan penyimpangan seksual yang ditayangkan di film tersebut dapat memengaruhi cara pandang atau perilaku masyarakat, terutama generasi muda untuk mengikuti bahkan membenarkan perilaku penyimpang seksual.

Kedua bertentangan dengan nilai-nilai agama. Ketiga dapat menggiring opini masyarakat terutama generasi muda sehingga menganggap perilaku penyimpangan seksual merupakan perbuatan yang biasa dan dapat diterima.

AYO BACA : Anies Baswedan Hingga Pasha Ungu Hadiri Pidato Bima Arya

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar