Yamaha

3 Resep Mudah Manfaatkan Cangkang Telur untuk Perawatan Kulit

  Kamis, 25 April 2019   Nur Khansa Ranawati
Ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jangan langsung buang cangkang telur sehabis Anda memasak. Dengan campuran beberapa bahan yang mudah ditemui di rumah, cangkang telur dapat menjadi salah satu 'penyelamat' kulit Anda yang tengah bermasalah seperti peradangan hingga munculnya flek hitam.

Sebagaimana dilansir dari Boldsky, Kamis (25/4/2019), cangkang telur setidaknya mampu membantu membersihkan pori-pori, memberi Anda kulit yang bercahaya, menenangkan kulit yang teriritasi hingga mengurangi flek hitam. Berikut tiga resep cangkang telur yang dapat Anda coba untuk merawat kulit:

1. Mengobati Peradangan Kulit

Cangkang telur dan cuka sari mengandung zat antibakteri, antijamur, dan antivirus yang membantu mencegah infeksi kulit dan mengurangi peradangan kulit. Untuk membuatnya, caranya cukup mudah :

Bahan-bahan:

  • 1/2 cangkir cuka sari apel 
  • 2 kulit telur

Cara membuat:

Hancurkan kulit telur dan tambahkan setengah mangkuk cuka sari apel. Diamkan selama lima hari. Celupkan bola kapas ke dalam campuran ini dan oleskan di mana saja yang dibutuhkan pada kulit. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas. Ulangi ini sekali atau dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

AYO BACA : Jangan Luput Pakai Tabir Surya di Kelopak Mata

 

2. Mengecilkan Pori-pori Wajah

Putih telur memiliki sifat astringen yang dapat membantu mengecilkan pori-pori dengan mengencangkan kulit. Kandungan tersebut juga dapat membuat kulit Anda lebih bercahaya.

Bahan-bahan:

  • 1 kulit telur
  • 1 putih telur

Cara membuat:

Hancurkan kulit telur dan biarkan hingga benar-benar kering. Giling hingga membentuk bubuk halus. Pindahkan ke mangkuk. Kocok telur lain dan pisahkan kuning telur dari putihnya. Kemudian, campur bubuk kulit telur dengan putih telur dan aduk keduanya.
Oleskan ke seluruh wajah Anda dan biarkan hingga kering. Cuci bersih dengan air dingin. Ulangi langkah ini sekali seminggu untuk mendapat hasil yang diinginkan.

AYO BACA : Ini Dia Manfaat Lain Baby Oil

 

3. Menghilangkan Bintik Gelap

Cangkang telur dan madu eksfoliator kulit yang bagus. Artinya, kandungan keduanya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan segala kotoran serta racun lainnya dari kulit. Selain itu, gabungan antara cangkang telur dan madu adalah pencerah kulit alami sehingga dapat membantu memudarkan bintik-bintik gelap pada kulit.

Bahan-bahan:

  • 1 kulit telur
  • 2 sdm madu

Cara membuat:

Buatlah cangkang telur menjadi bukuk. Kemudian, campur bubuk cangkang telur dan madu dalam satu wadah. Oleskan ke seluruh wajah Anda dan biarkan hingga kering. Cuci bersih dengan air dingin. Ulangi langkah ini sekali seminggu sekali.

Selamat mencoba!

AYO BACA : Mitos Tabirsurya dan Vitamin D dari Matahari

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar