Yamaha

Preview Borneo FC vs Persib Bandung: Adu Ketajaman Taktik Gomez dan Radovic

  Rabu, 24 April 2019   Eneng Reni Nuraisyah Jamil
Skuat Persib Bandung menggelar latihan di Sasana Olahraga (Saraga) ITB, Jalan Siliwangi, Kota Bandung, Kamis (18/4/2019). (Kavin Faza/ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Leg pertama babak delapan besar Piala Indonesia antara Persib Bandung melawan Borneo FC akan dimulai sore ini, Rabu (24/4/2019) di Stadion Segiri, Samarinda.

Diketahui skuat Pesut Etam bakal menjamu Maung Bandung di leg pertama delapan besar Piala Indonesia di Stadion Segiri, Samarinda, Rabu (24/4/2019). Sementara pada leg kedua, gantian, Persib Bandung yang menjamu Borneo FC  di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 29 April mendatang. 

Dengan format home away tersebut, Persib lebih dulu berlaga di kandang Pesut Etam Namun Persib dihantui rekor buruk. Setiap kali bertandang ke markas Borneo, FC, Maung Bandung selalu kesulitan meraih kemenangan. Kendati demikian pelatih Persib Bandung, Miljan Radovic menegaskan hanya memikirkan kesiapan timnya jelang kontra Borneo FC di babak 8 besar Piala Indonesia.

Di sisi lain, Persib tak bisa menurunkan skuat dengan kekuatan penuh lantaran enam pemain dipastikan absen. Persib belum bisa menurunkan Esteban Vizcarra lantaran gelandang naturalisasi asal Argentina itu masih dalam proses pemulihan cedera lutut. Begitu juga, Srdjan Lopicic yang terkena akumulasi kartu kuning. 

Empat pemain baru Persib yaitu Artur Gevorkyan, Fabiano Beltrame, Achmad Jufriyanto, serta Saepulloh Maulana pun belum bisa turun main lantaran terkendala regulasi. 

"Kami hanya memikirkan tim kami, memikirkan apa yang bisa kami lakukan di sini (Samarinda) dan di Bandung dan setiap pertandingan, hanya itu yang kami pikirkan," ungkap Radovic dalam konfedensi pers jelang laga di Samarinda, Selasa (23/4/2019).

Sementara itu, pelatih asal Montenegro tersebut tak menampik Borneo FC adalah tim yang tangguh. Terlebih skuat berjuluk Pesut Etam itu juga telah kedatangan pelatih anyar Mario Gomez yang notabene eks pelatih Persib musim lalu. 

AYO BACA : Ini Kesan Gaya Kepelatihan Radovic di Mata Mario Gomez

Meski begitu, Radovic menyebut hanya fokus pada persiapan dan kekuatan timnya. Apalagi Radovic menyebut anak asuhnya tengah fokus untuk menjegal skuat Pesut Etam di markasnya. Meski Stadion Segiri mencatat statistik minor bagi kemenangan Pangeran Biru.

"Kami tahu Borneo FC adalah tim yang bagus, dan tidak mudah bermain di sini. Tapi saya pikir kita sudah siap, kita akan fight seratus persen. Kita akan lihat," katanya.

Praktis dengan optimisme yang tinggi, skuat Maung Bandung ingin menjaga asa untuk lolos ke semifinal. Alhasil bila bisa mengalahkan skuat Pesut Etam di laga kali ini, Persib setidaknya hanya membutuhkan hasil imbang saat melakoni leg kedua di Bandung, 29 April mendatang.

"Selalu target melawan tim lain kita selalu target untuk bisa menang, cetak gol. Untuk pertandingan besok, tentunya kami juga coba untuk maksimal. Saya pikir kalau kita bisa menang atau cetak gol di sini, akan bagus untuk kami (peluang lolos ke semifinal), dan bagus untuk pertandingan nanti di Bandung," lanjutnya

Namun pelatih 43 tahun itu tak menampik Borneo FC merupakan salah satu tim tangguh. Radovic jugA mengakui, tidak akan mudah bagi timnya untuk bisa mengalahkan Borneo FC. Terlebih pasukan Mario Gomez itu bakal bermain di kandangnya dan disaksikan puluhan ribu suporternya. Namun, Pangeran Biru, menurut Radovic akan tetap berusaha keras agar bisa meraih hasil terbaik.

"Kami tahu, Borneo FC adalah tim yang bagus, dan tidak mudah bermain di sini. Tapi saya pikir kita sudah siap, kita akan fight 100 persen. Kita akan lihat," ujarnya. 

Sementara itu, pelatih anyar Borneo FC, Mario Gomez menilai pertandingan kontra Persib Bandung bakal menjadi laga sengit bagi timnya. Meski begitu, Gomez menyebut pasukannya menargetkan kemenangan saat berduel dengan Maung Bandung. Alhasil, Borneo FC, kata Gomez, akan kerja keras meraih kemenangan untuk bisa mulus melenggang ke babak semifinal.

AYO BACA : Jaga Peluang Lolos Semifinal, Radovic Bidik Kemenangan di Samarinda

"Pertandingan besok adalah pertandingan yang penting bagi kita karena kita bermain melawan tim yang sangat bagus, Persib Bandung. Maka kita siap untuk mencoba menang besok," ungkap Gomez.

Di sisi lain untuk karir pelatih asal Argentina itu, laga kontra skuat Pangeran Biru yang notabene tim asuhannya musim lalu merupakan laga debutnya bersama Borneo FC. Alhasil, pelatih berusia 62 tahun itu mengakui dirinya masih membutuhkan waktu untuk beradaptasi dan mengenal karakter semua pemainnya. 

Namun Gomez tetap optimistis timnya bisa melewati jegalan pasukan Miljan Radovic itu. Terlenib, menurut Gomez duel kali ini menjadi salah satu proses bagi timnya untuk terus berkembang. 

"Kita punya lini belakang yang bagus. Mungkin saya di sini baru satu minggu, tapi memang butuh waktu untuk mengenal pemain saya. Tapi kita masih punya waktu hingga besok main, karena yang kita inginkan adalah berkembang bersama pelatih," ujarnya.

Bukan hanya itu, Gomez pun tak ragu-ragu mewaspadai dan memberikan fokus lebih untuk sejumlah pemain andalan skuat Maung Bandung seperti Ezechiel N'Douassel, Supardi Nasir, Ghozali Siregar, hingga Febri Hariyadi.

"Mereka punya penyerang yang kuat. Kalian tahu, karena mereka mungkin akan menurunkan Ezechiel, Ghozali, Febri, Supardi. Mereka adalah pemain penting," lanjut Gomez.

Kendati demikian, pelatih asal Argentina itu menyebut skuat Pesut Etam tak akan gentar menghadapi ketajaman Maung Bandung. Gomez juga optimistis timnya juga dihuni pemain berkualitas di lini penyerangan dan pertahanan. 

Alhasil, Gomez meyakini anak asuhnya bisa meredam agresivitas lini serang skuat Pangeran Biru. Gomez juga menginginkan anak asuhnya untuk menguasai jalannya permainan. Tujuannya apalagi selain untuk membuat permainan pasukan Miljan Radovic agar tak berkembang.  

"Tapi kita juga punya pemain penting di lini penyerangan. Kita juga punya attack yang bagus. Kita harus bisa menguasai bola dan bisa menyerang Persib. tapi yang penting adalah jika kita punya bola kita harus bermain, jika kita kehilangan bola kita harus defense," ujarnya.

AYO BACA : Mario Gomez Terang-terangan Waspadai Sejumlah Pemain Andalan Persib

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar