Yamaha NMax

Gandeng Lintas Sektor, BNPB Sederhanakan Informasi Bencana

  Rabu, 24 April 2019   M. Naufal Hafiz
Logo BNPB. (Istimewa)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM—Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggandeng lintas sektor untuk menyederhanakan informasi bencana sehingga mudah dipahami masyarakat umum.

Deputi Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Bernardus Wisnu Widjaja di Bandung, Rabu (24/4/2019), mengatakan dalam beberapa hal informasi bencana tergolong rumit sehingga perlu disederhanakan.

"Info harus mudah dipahami, harus sampai sehingga masyarakat tidak panik saat bencana terjadi. Penting juga bahwa penanganan bencana itu pentahelix atau tidak bisa ditangani sendirian tapi harus dengan kerja sama lintas sektor," kata dia.

AYO BACA : Ini Penjelasan Ahli soal Potensi Gempa Sesar Lembang

Dalam proses penyederhanaan itu, dia mengatakan, perlu menggandeng wartawan, akademisi, dan pihak-pihak terkait lainnya.

"Misalnya gempa terkadang menjadi masalah sosial, di sinilah perlunya mengkomunikasikan risiko," kata dia.

Wisnu mengatakan, gempa bumi harus dipahami secara baik sehingga masyarakat seharusnya tidak panik. Mereka tahu antisipasi dan mitigasi jika pergerakan tanah terjadi.

AYO BACA : Belajar Menggali Potensi Bencana Patahan Lembang Sambil Bermain

Dia mencontohkan Tokyo (Jepang) dan San Andreas (Amerika Serikat) adalah area patahan tektonik yang berisiko terjadi gempa bumi kapan saja.

Masyarakat di kawasan itu, kata dia, sudah dipersiapkan dengan kemungkinan terburuk sehingga siap melakukan evakuasi apabila bencana terjadi dan tidak mengalami ketakutan.

Begitu juga, lanjut dia, infrastruktur di dua kawasan itu dibuat sedemikian rupa sehingga tidak membahayakan.

"Pipa gas tidak melewati patahan-patahan yang telah dipetakan. Karena jika tetap dilewati, saat gempa terjadi pipa bisa bocor dan memicu kebakaran hebat," katanya.

Indonesia, kata dia, di beberapa tempat dapat mengadopsi yang dilakukan Jepang dan AS pada kawasan-kawasan rentan gempa.

AYO BACA : 5 Fakta tentang Sesar Lembang yang Perlu Diketahui

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar