Yamaha NMax

Bambang Widjojanto Puji Peran Emak-emak Mengawal Pemilu

  Selasa, 23 April 2019   Ananda Muhammad Firdaus
Mantan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto (kiri) memantau pelaksanaan rekapilutasi suara di Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, Selasa (23/4/2019). (Ananda M Firdaus/ayobekasi)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM--Mantan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto memuji peran kaum emak-emak mengawal setiap proses Pemilu 2019. 

Peran emak-emak itu luarbiasa dan itu sejak hari pertama di TPS sampai di PPK itu emak-emak bagus sekali peran sertanya, dan yang paling penting prinsip dari pemilu ini adalah terbuka, jadi sebenarnya bukan hanya saksi yang bisa lihat tapi seluruh masyarakat bisa lihat, kata Bambang saat melihat proses rekapitulasi di Kecamatan Bekasi Timur, Selasa (23/4/2019). 

Bambang mengaku, meski bukan menjadi seorang praktisi pemantau Pemilu, namun dia melihat fenomena keterlibatan kaum emak-emak yang masif terjadi di sejumlah daerah, termasuk tempatnya berdomisili di Kota Depok. 

Menurutnya, kaum emak-emak bekerja dengan sangat baik. Mereka mengumpulkan data formulir model C1 atau hasil hitung suara di tiap TPS sehingga dinilai dapat menjadi acuan proses rekapilutasi yang dilakukan penyelenggara pemilu.

Ini luar biasa seperti di Bekasi Timur, kerja emak-emak dan saksi-saksi untuk mengumpulkan formulir C1 supaya proses (rekapilutasi) bisa akuntabel dan transparan, katanya. 

Karena itu, lanjut Bambang, dengan data real yang dipegang para emak-emak atau para saksi partai di lapangan, diharapkan tidak ada kecurangan selama proses pemilu hingga KPU merilis siapa-siapa saja yang meraih suara terbanyak dan patut dinyatakan sebagai pemenang.

Hari ini menjadi pemimpin itu ditentukan oleh publik, jadi kalau ada yang mau merampok suara publik dia akan berhadapan dengan rakyat. Dan hari ini mereka (publik) menunjukkan keterlibatannya bukan artifisial tapi sungguh-sungguh, tandasnya. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar