Yamaha Lexi

8 Tempat Ngabuburit Asyik dan Gratis di Kota Bandung

  Selasa, 23 April 2019   Adi Ginanjar Maulana
Babakan SIliwangi menjadi salah satu tempat rekomendasi ngabuburit di bulan Ramadan.(Ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM--Ngabuburit. Itulah istilah orang Sunda untuk menunggu buka puasa bila azan Magrib dikumandangkan di bulan Ramadan.

Nah, Ayobandung.com mau berbagi informasi mengenai beberapa tempat ngabuburit yang asyik di Kota Bandung.

Kawasan Babakan Siliwangi 

Kawasan ini dikenal sebagai hutan kota milik Kota Bandung. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini untuk ngabuburit.

Pertama, bisa menikmati udara yang asali dari pepohonan rimbun sembari menapaki Forest Walk Babakan Siliwangi. 

Lalu, juga bisa bermain di areal Teras Cikapundung yang terletak tepat di seberangnya. Menikmati aliran Sungai Cikapundung bersama teman di sore hari adalah kegiatan yang pas untuk ngabuburit.

Teater Terbuka Taman Budaya Jawa Barat 

Ini adalah tempat digelarnya berbagai kegiatan seni di Jawa Barat, khususnya Kota Bandung. Jika tak ada agenda, kawasan ini tampak biasa saja. 

AYO BACA : Lima Aktivitas Asyik Ngabuburit di Bandung Zoo

Namun, percayalah, ini adalah satu satu titik untuk lanskap Kota Bandung yang paling ciamik. Anda tak perlu jauh-jauh menaiki bukit ke ujung saja, cukup berkunjung ke Jalan Bukit Dago Utara. Areal tribun penonton yang luas di teater terbuka ini bisa jadi tempat nongkrong favorit. 

Kawasan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat 

Tak ada salahnya mempelajari sejarah sembari menunggu waktu berbuka puasa. Monumen ini adalah museum sejarah perjuangan rakyat Tatar Pasundan. 

Di dinding sisi momumen itu terdapat relief yang berkisah tentang sejarah perjuangan rakyat Jawa Barat yang digambarkan melalui berbagai fase, mulai dari masa kerajaan, masa pergerakan, hingga masa kemerdekaan. 

Anda bisa habiskan waktuku untuk mengelilingi relief yang terpampang dalam bangunan berbentuk setengah lingkaran itu. Atau, sekadar duduk-duduk di pelataran monumen juga bisa jadi pilihan. 

Gedung Sate 

Lagi-lagi, kamu tak perlu sulit mencari takjil. Sebab, kawasan itu juga kerap dipenuhi pedagang kaki lima yang menjajakan jualannya. 

Atau, kawasan samping monumen, Jalan Dipatiukur, juga bisa kamu serbu untuk mencari makanan pembuka puasa. 

AYO BACA : Kaki Palsu Dibayar Sayuran dan Ayam

Kawasan Braga dan Asia Afrika 

Kalau yang satu ini tentu tak perlu diragukan lagi. Kawasan ini sudah tersohor sebagai salah satu lokasi wisata favorit kebanyakan orang. Habiskan waktu ngabuburit dengan menikmati pemandangan kota tua Bandung. 

Selain itu, kamu juga bisa sesekali berfoto dengan sejumlah cosplayer yang berderet di sepanjang Jalan Asia-Afrika. 

Atau, untuk menambah wawasan, kamu juga bisa berkunjung ke Museum Konferensi Asia Afrika. Di sana, kamu akan belajar mengenai sejarah persatuan bangsa-bangsa Asia-Afrika untuk mempromosikan kerja sama ekonomi dan kebudayaan, juga melawan imperialisme. 

Masjid Salman ITB 

Masjid Salman ITB punya segudang aktivitas seru yang dihelat oleh kepanitiaan besar dari seluruh mahasiswa se-Bandung Raya. 

Selama sebulan, mereka mengadakan berbagai acara seperti kajian, lomba, sampai seminar gratis. 

Masjid Habiburahman 

Masjid yang berada di wilayah PT Dirgantara Indonesia ini punya aktivitas kajian yang dihelat usai Zuhur dan menjelang berbuka puasa. 

Masjid Al-Lathiif 

Kegiatan yang bakal ada di Masjid Al-Lathiif mulai dari sahur dan berbuka puasa gratis selama ramadan, pesantren kilat, salat Tarawih berjemaah, dan qiyammulail di 10 hari terakhir bersama para imam kondang.

AYO BACA : Resep Telur Goreng Asin ala Ramadan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar