Yamaha NMax

Noong Manuk, Cara Beda Memperingati Hari Bumi di Bandung Zoo

  Sabtu, 20 April 2019   Anya Dellanita
Bandung Zoo

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Bicara bumi, tidak hanya bicara tentang manusia, tapi juga hubungan manusia dengan lingkungannya. Karena itu, semua unsur yang ada di bumi hendaknya saling menjaga, terutama manusia sebagai makhluk Tuhan yang paling mulia.

Tentu saja dengan posisinya tersebut, manusia harus lebih aware terhadap lingkungan sekelilingnya, termasuk pada binatang. 

Burung adalah salah satu hewan yang harus menjadi perhatian kita manusia. Betapa tidak, populasinya yang terus berkurang karena diburu manusia, patut mendapatkan rasa kepedulian ekstra. 

Karena itulah, dalam rangka merayakan hari bumi, Bandung Zoo (Kebun Binatang Bandung) menggandeng komunitas Burung Indonesia untuk menggelar acara Noong Manuk di Bandung Zoo, Sabtu (20/4/2019). 

"Sebenarnya ini juga buat merayakan hari bumi sedunia Senin nanti tanggal 22 April, tapi kita geser ke Sabtu karena hari libur, biar banyak yang bisa ke sini juga" kata Kurator Bandung Zoo, Panji Ahmad Fauzan.

Panji juga mengatakan kalau kegiatan Noong Manuk ini dilatar belakangi ingin merayakan hari bumi dengan cara yang berbeda dari orang lain. 

"Kami juga ingin bikin perayaan hari bumi yang gak gitu-gitu aja. Nah karena Bandung Zoo ini merupakan lahan terbuka hijau terbesar di Bandung, kita manfaatkan untuk meningkatkan awareness masyarakat tentang burung-burung liar yang banyak tinggal di sini," kata dia.

Menurut Panji, ada sekitar 14 burung yang pernah menjadikan Bandung Zoo sebagai rumahnya. Beberapa di antaranya adalah burung migran, seperti burung raptor.

Pernyataan Panji terbukti. Setelah dilakukan pengamatan bersama peserta dan pengisi acara dari Burung Indonesia, ditemukan sekitar 15 jenis burung liar di Bandung Zoo, di antaranya adalah tekukur, kutilang, takur, cabe jawa, raja udang, dan kareo padi.

Saat pengamatan, tim dari Burung Indonesia telah menyiapkan binocular untuk membantu mengamati burung. Di akhir acara juga diadakan diskusi membahas hasil pengamatan dan mengenai burung dan manfaatnya bagi kehidupan manusia.

Acara Noong Manuk ini kegiatan pengamatan hewan pertama yang diselenggarakan Bandung Zoo. Ke depannya, kegiatan ini akan kembali diselenggarakan secara rutin.

"Kami sudah merencanakan kegiatan ini bakal jadi kegiatan rutin, yang selanjutnya nanti akan ada setelah lebaran," tutur Panji.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar