Yamaha NMax

Lewat Kolecer, bank bjb Dorong Semangat Baca Warga

  Sabtu, 20 April 2019   Nur Khansa Ranawati
Kotak Literasi Cerdas atau Kolecer yang dipamerkan di Festival Literasi Anak di Lapangan Parkir Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (20/4/2019). (Nur Khansa Ranawati/Ayobandung.com)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM—Dorongan untuk menumbuhkan minat baca di Indonesia terus dilakukan berbagai pihak. bank bjb, sebagai salah satu bank pembangunan daerah, ikut mendorong terbentuknya semangat literasi bagi warga tersebut.

Dorongan tersebut salah satunya ditunjukan dengan dukungan bank bjb terhadap penyelenggaraan Festival Literasi di Lapangan Parkir Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (20/4/2019) siang.

"Hari ini diselenggarakan Festival Literasi 2019 dalam rangka Hari Kartini dan Hari Buku Internasional. Tentu saja bank bjb sangat mendukung, sangat support, terutama menumbuhkan kecerdasan dengan meningkatkan minat baca," kata Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko yang melaksanakan tugas sebagai Direktur Utama bank bjb Agus Mulyana.

Dukungan tersebut, ujar dia, merupakan peran bank bjb sebagai agen perubahan nasional yang tak hanya berfokus pada performa bisnis, tapi mendorong perwujudan visi pemerintah untuk melahirkan Jawa Barat Juara Lahir Batin.

"bank bjb sebagai agent of depelovment bukan hanya mengelola bisnis tapi ada kepedulian bagaimana mendukung visi misi Jawa Barat Juara Lahir Batin. Salah satunya adalah mendorong literasi," terangnya.

AYO BACA : Tingkatkan Minat Baca, bank bjb Bantu Dirikan Kolecer dan Aplikasi Candil

Bentuk dorongan lain yang dilakukan bank bjb adalah dengan meluncurkan Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) beberapa waktu lalu. Kolecer merupakan sarana kotak baca yang diperuntukkan bagi warga agar semakin menumbuhkan minat baca.

Bentuknya berupa boks atau lemari berkaca yang diisi oleh buku-buku berbagai genre, yang dapat diakses oleh warga tanpa terkecuali. Lokasinya ditempatkan di titik-titik keramaian seperti halte atau area car free day agar warga leluasa mengaksesnya.

"bank bjb support terhadap pengadaan Kolecer berikut juga buku-buku. Kolecer ini ditempatkan di beberapa lokasi-lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat, terutama masyarakat umum sehingga bisa beristirahat sambil menunggu bus kota, di car free day," ungkapnya.

Buku-buku di dalam kotak literasi tersebut dapat diisi oleh warga yang berniat menyumbangkan bahan-bahan bacaan berkualitas bagi warga lainnya.

"Tujuan Kolecer sendiri adalah memudahkan masyarakat umum bersentuhan dengan buku," lanjutnya.

AYO BACA : Tingkatkan Literasi, Jawa Barat Hadirkan Kolecer di Ruang Publik

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar