Yamaha Aerox

Selesai Pemilu, Mari Perhatikan Kembali Laut Nusantara

  Kamis, 18 April 2019   Redaksi AyoBandung.Com
Ilustrasi. (Joakant/Pixabay)

Hiruk pikuk hajat demokrasi telah dilalui, menyisakan peresmian hasil hitungan suara di KPU. Banyak energi yang sudah dikeluarkan, tak sedikit tali persaudaraan yang merenggang. Hal ini karena fanatisme yang sedikit banyak menjauhkan dari tujuan ber-Indonesia. Akhirnya yang tampak adalah perpecahannya. Karenanya, perlu kita eratkan kembali simpul-simpul persatuan ini.

Perlu juga kita tanamkan, sekalipun bukan pilihan kita yang menang nantinya, tetap kita berkewajiban untuk mengawalnya agar tujuan pembanguan untuk Indonesia tetap ada. Berjalannya pemerintahan untuk semua, bukan hanya untuk golongannya saja. 

AYO BACA : Ada Biota Laut Membatu, Tasik Dulunya Lautan?

Oleh karena itu, yang terpilih harus segera membuktikan ke Indonesiannya, terlebih dalam hal pembangunan sektor perikanan dan kelauatan. Kekayaan laut nusantara ini, serta sumber daya nelayan harus dioptimalkan dan dikelola secara berkelanjutan serta memperhatikan kelestarian ekosistemnya.

Tidak selalu pembangunan yang serta merta dinikmati segera, bisa juga pembangunan yang sifatnya jangka panjang. Memang beban politik di negeri ini mengharuskan pembangunan yang instan dan segera tampak terasa. Di sinilah perlunya pemimpin dengan jiwa kerelaan yang lapang dalam gerak langkahnya, yang lebih mengutamakan masa depan bangsa dan negaranya ketimbang pembangunan pesona semu kepribadiannya.

AYO BACA : Mengandung Racun, Mikroplastik Ancam Kehidupan Laut

“Jikalau menebar benih ikan bandeng, barang tentu akan sesegera mungkin ikut merasakan masa panennya. Akan tetapi, jika menanam terumbu karang belum tentu ikut merasakan manfaatnya. Namun, kelak yang menikmati adalah cucu-cucunya, dari terumbu karang yang tumbuh akan hadir kehidupan yang luar biasa besarnya.”

Jala serta umpan yang sudah mereka tebar ketika berkampanye, sejatinya adalah sebuah cara untuk mendapatkan kepercayaan agar bisa berperan lebih untuk Indonesia. Karenanya, apa-apa yang mereka kerjakan nantinya semestinya dapat kita nikmati hasilnya bersama. 

Kita juga tidak serta merta menggantungkan berjalannya negara ini kepada mereka, karena setiap diri adalah bagian dari negara ini. Setiap bagian dari negara memiliki daya desak kepada siapapun kelak yang terpilih, memastikan mereka untuk tetap melaksanakan berjalannya berbangsa dan bernegera hanya untuk Indonesia. 

Hendra Wiguna

Humas KNTI Kota Semarang

AYO BACA : Bertengkar dengan Petugas, 1 Penumpang KM Ciremai Lompat ke Laut

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini.

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar