Yamaha Mio S

9 TPS di Bekasi Direkomendasikan Pemungutan Suara Ulang

  Kamis, 18 April 2019   Ananda Muhammad Firdaus
TPS 132 di Kelurahan Jakasampurna, Bekasi Barat, Kota Bekasi. (Ananda M Firdaus/ayobandung)

BEKASI, AYOBANDUNG.COM--Bawaslu Kota Bekasi segera merekomendasi pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di sembilan tempat pemungutan suara (TPS) kepada KPU. Hal itu atas pertimbangan adanya temuan pada masa pencoblosan di sejumlah TPS-TPS tersebut. 

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Tommy Suswanto mengungkapkan, temuan-temuan itu di antaranya logistik surat suara yang belum tersedia, baik untuk Pilpres, pemilihan DPD RI, dan DPRD provinsi. Selain itu, terdapat sejumlah TPS dengan surat suara yang tertukar dengan TPS di Dapil lain, yakni untuk pemilihan DPRD kota. 

Dijelaskan, kekurangan surat suara terjadi di TPS 116 di Kelurahan Aren Jaya Bekasi Timur, TPS 166, TPS 224, 225, 227, dan 242 di Kelurahan Kaliabang Bekasi Utara. Sementara tiga TPS di Medan Satria yang masih diidentifikasi oleh petugas, tertukar surat suara DPRD kota dengan dapil lain. 

Rekomendasi akan kita buat untuk PSU di sembilan TPS, kata Tommy di halaman Kantor Wali Kota Bekasi, Kamis (18/4/2019).

Sementara itu, Ketua KPU Kota Bekasi Nurul Sumarheni mengatakan. jika Bawaslu akan merekomendasikan PSU di sembilan TPS maka harus segera membuat rekomendasi tertulis. Hal ini mengingat PSU hanya memiliki rentan waktu pelaksanaan 10 hari setelah hari H pencoblosan. 

Kita nunggu rekom Bawaslu dulu. Kalau sudah ada kapan pelaksanaan pemilihan ulang. Hal ini mengingat surat suara, terkecuali (DPRD) kota, masih di KPU Jabar, kata Nurul. 

Nurul juga mengatakan PSU yang nantinya dilakukan untuk DPT yang terdata di masing masing TPS tersebut dan pencoblosan hanya berlaku untuk semua surat suara kurang.

Kalau yang surat suara DPRD kota misalnya saat itu kurang, artinya semua yang ada di DPT akan melakukan pemilihan ulang untuk surat suara jenis tersebut, tandasnya. 

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar