Yamaha NMax

Surabi Legendaris Bandung dengan Rasa Paling Menggigit

  Kamis, 18 April 2019   Fira Nursyabani
Surabi legendaris Cihapit. (Nur Khansa Ranawati/ayobandung.com)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Surabi atau serabi memang dikenal sebagai penganan khas dari tanah Sunda. Rasanya yang khas dan porsinya yang mengenyangkan, membuat camilan ini banyak diburu oleh pelancong.

Nah! jika bertandang ke Kota Bandung, kurang afdol rasanya jika tidak menikmati surabi. Ayobandung.com merekomendasikan 4 surabi legendaris dan unik yang patut Anda coba jika sedang berada di kota kembang. Berikut ulasannya:

 

Surabi Cihapit

Surabi Cihapit berada di deretan kedai surabi legendaris di Kota Bandung. Kedai tenda ini sudah berdiri sejak 28 tahun lalu, dan bahkan bahan tepung yang digunakan adalah tepung hasil gilingan sendiri.

Tak hanya tepung, kinca (air gula pemanis) juga dipilih dari gula aren asli. Sementara oncomnya menggunakan oncom tradisional kualitas pasar.

Selain menu andalan serabi kinca dan oncom, Surabi Cihapit juga menyediakan aneka varian rasa kekinian untuk menyesuaiakan diri dengan perkembangan selera pasar.

Rasa lain yang disediakan pun beragam layaknya martabak; seperti keju, cokelat, pisang, kismis, dan kombinasi di antara rasa-rasa tersebut atau bahkan campuran dari seluruhnya. Untuk varian rasa asin, serabi ini dapat ditaburi telur, sosis, ayam, keju, atau kombinasi rasa-rasa tersebut dengan oncom.

AYO BACA : Kafe-kafe Baru Ini Siap Ramaikan Jagat Kuliner Bandung

Bila tak terlalu lapar, satu potong Surabi Cihapit mampu membuat kenyang. Adonannya pun terasa lembut dengan kadar gurih yang cukup; santan kelapa-nya tetap terasa namun tidak dominan. Sehingga, bila ditimpa dengan rasa lain seperti keju atau cokelat, gurih dan manisnya beradu dengan pas.

Lokasi: Di kawasan Pasar Cihapit, persisnya di sudut lahan parkir toko perlengkapan olahraga
Harga: Mulai dari Rp5.000 untuk surabi polos hingga Rp13.000 surabi untuk rasa campuran. 

 

Surabi Rock Jadul

Surabi ini memiliki varian rasanya yang kekinian, yakni surabi pizza barbeque. Inovasi tersebut tentunya akan memanjakan lidah pengunjung karena ada perpaduan rasa lokal dan barat.

Namun, jika tetap ingin menikmati surabi dengan rasa asli, Anda tidak perlu khawatir. Surabi Rock Jadul juga menyediakan rasa khas Sunda seperti surabi oncom dan surabi kinca.

Lokasi: Jalan A.H. Nasution No.481, Cipadung Wetan, Panyileukan, Kota Bandung
Harga: Kisaran Rp10.000 per porsi

 

AYO BACA : 10 Destinasi Wisata Asik di Bandung

Surabi Imut

Surabi Imut juga merupakan salah satu surabi legendaris di Kota Bandung. Tak tanggung-tanggung, ada 45 rasa yang ditawarkan kedai ini.

Menunya terdiri dari dua jenis yaitu surabi manis dan surabi asin. Untuk surabi manis, Anda bisa memilih surabi kinca, surabi durian, surabi cokelat keji susu, surabi pisang susu, surapi oreo keju, dan lainnya.

Sementara untuk surabi asin, Anda bisa memilih surabi oncom, surabi telur, surabi sosis ayam, dan perpaduan dari bahan-bahan lainnya. Surabi ini bisa dinikmati dengan topping mayonaise, saus sambal, dan keju.

Lokasi: Jalan Setiabudi, Kota Bandung
Harga: Rp5.500-Rp15.500

 

Surabi Sukur

Kedai surabi ini menyediakan 20 rasa, dengan menu populer bernama Surabi Persib. Resep yang digunakan pemiliknya adalah resep turun-temurun sejak 1978.

Menu yang ditawarkan untuk rasa original adalah surabi oncom legend dan surabi polos. Sedangkan rasa kekiniannya ada surabi kopi, surabi sosis, surabi taro, dan surabi ayam suwir. 

Sementara untuk surabi Persib, adonannya terdiri dari campuran vanilla, karamel, dan bubble gum. Surabi ini dibuat atas dasar kecintaan terhadap Jawa Barat dan Persib.

Lokasi: Jalan Lombok, No.47, Kota Bandung
Harga: Kisaran Rp10.000 per porsi

AYO BACA : 8 Kuliner di Bandung yang Bikin Ngiler dan Ketagihan

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar