Yamaha Aerox

Jangan Gunakan Jari Tertentu Saat Pakai Smartphone, Ini Dampaknya

  Kamis, 18 April 2019   M. Naufal Hafizh
Ilustrasi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM—Barangkali, di antara kita, cenderung terpaku menggunakan jari tertentu saat menggunakan smartphone, semisal ibu jari. Perilaku ini sebaiknya Anda hindari karena berisiko mencederai ibu jari.

"Semakin bengkok jari (ibu jari) saat beraktivitas di smartphone, urat semakin meradang karena sudutnya (semakin kecil), memunculkan trigger thumb," ujar spesialis bedah ortopedi konsultan hand & microsurgery dari RS Pondok Indah-Bintaro Jaya, dr. Oryza Satria, Sp.OT (K) dikutip dari Antara, Kamis (17/4/2019).

AYO BACA : Tusuk Jari dengan Jarum Bisa Atasi Strok? Ini Penjelasannya

Mereka yang mengalami trigger thumb atau finger umumnya mengeluhkan gejala nyeri atau bahkan kaku ketika meluruskan atau menekuk jari. Pembengkakan atau radang di bagian tendon yang menjadi penyebabnya.

Selain karena terlalu lama fokus pada satu jari tertentu, kondisi ini semakin rentan pada mereka yang memiliki jari-jari tangan relatif panjang dibandingkan orang pada umumnya.

AYO BACA : 3 Cara Menghilangkan Tinta Ungu Pemilu di Jari

"Kalau menurut saya, sebaiknya ukuran smartphone disesuaikan dengan ukuran jari," tutur Satrio.

Oleh karenanya, sesekali cobalah gunakan jari telunjuk sebagai pengganti ibu jari untuk mengetik, kendati cara ini umumnya dilakukan mereka yang berusia lebih lanjut dan terasa lebih lambat dibandingkan saat menggunakan ibu jari.

Umumnya trigger finger akan membaik bila penyebabnya Anda hindari dan mengistirahatkan jari yang terkena. Namun, jika kondisi ini terus terjadi sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

AYO BACA : Awas! 6 Zodiak Ini Terkenal Pintar Berbohong

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar