Yamaha Lexi

Kuliner Cirebon: Awas Pedas! Inilah Pelengkap Empal Gentong Cirebon Paling Maknyosss

  Selasa, 16 April 2019   Erika Lia
Cabe bubuk yang dibuat dari cabe merah keriting merupakan pelengkap paling pas bagi empal gentong, salah satu kuliner khas Cirebon. (Erika Lia/ayobandung)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM-- Empal gentong menjadi salah satu kuliner Cirebon yang ikonik. Tahukah Anda, salah satu pelengkap khas makanan ini adalah sambal kering berupa cabe bubuk yang dilarutkan dalam kuah santan empal.

Cabe bubuk barangkali bukanlah jenis sambal baru bagi sebagian besar orang. Untuk empal gentong, cabe bubuk menjadi bahan yang dianggap paling sesuai dicampurkan ke dalam kuahnya ketimbang jenis sambal lain.

"Empal gentong identik dengan sambal kering. Ada juga sih yang pakai sambal hijau basah (dibuat dari cabe hijau), tapi kurang touching," ungkap Abdurrohman (42), seorang pedagang empal gentong, warga Desa Batembat, Kecamatan Tengahtani, Kabupaten Cirebon kepada Ayocirebon.com.

Abdurrohman yang telah berjualan empal gentong sejak 2000 ini mengaku, pelanggannga lebih banyak meminati cabe bubuk dibanding sambal hijau basah. Pria yang oleh sebagian pelanggannya akrab disapa Andesten sebagai pelesetan dari kata 'understand' dalam bahasa Inggris ini, membuat sendiri cabe bubuk sebagai pelengkap empal yang dijualnya.

Proses pembuatan cabe bubuk sebenarnya mudah saja. Abdurrohman hanya membutuhkan cabe merah keriting yang bisa diperolehnya di pasar tradisional.

"Setelah dibeli dari pasar, cabe merah keriting itu saya jemur lagi supaya benar-benar kering," ujarnya.

Setelah itu, cabe yang telah sangat kering disangrai, sebelum kemudian diblender hingga halus. Secara keseluruhan, proses pembuatan cabe bubuk hanya butuh waktu sehari saja.

"Kalau sedang tidak ada matahari, cabe merah keriting dipanggang di atas tungku berapi," tambahnya.

Dalam sehari, Abdurrohman menyiapkan seperempat kilogram cabe bubuk untuk empal jualannya. Biasanya, dia membuat cabe bubuk dua hari sekali untuk keperluan itu.

Abdurrohman mempelajari proses pembuatan cabe bubuk dengan memperhatikan orang lain, sebelum menerapkannya sendiri. Dia menyadari, cabe bubuk adalah campuran paling diminati penikmat empal gentong.

"Selain empal, cabe bubuk cocok juga dicampurkan dalam sop balungan sapi misalnya," tutur pria beranak tiga, yang terkadang menyelipkan bahasa Inggris dengan kosakata terbatas saat berinteraksi dengan para pelanggannya.

Nah, saat Anda ke Cirebon, jangan lupa menikmati kuliner Cirebon empal gentong dengan melarutkan cabe bubuk ini ke dalamnya. Eit, larutkan seperlunya saja agar Anda tak kepedasan dan jadi sakit perut.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar