Yamaha Aerox

Mengenal Berbagai Spesies Nyamuk di Museum Nyamuk Pangandaran

  Selasa, 16 April 2019   Adi Ginanjar Maulana
Museum Nyamuk di Kabupaten Ciamis. (Dok Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Mungkin tempat ini merupakan satu-satunya di dunia. Ya, tempat bernama Museum Nyamuk itu terletak di Jalan Pangandaran, Kabupaten Ciamis. Berbagai jenis spesies nyamuk terdapat di sini.

Dilansir dari situs resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Museum Nyamuk berada di komplek perkantoran Loka Penelitian dan Pengembangan Pengendalian Penyakit Bersumber Binatang (Litbang P2B2). 

Museum milik Kementerian Kesehatan ini merupakan museum nyamuk satu-satunya di Indonesia yang memilliki berbagai fasilitas agar masyarakat waspada akan bahaya nyamuk.

Penggagas pertama kali pendirian Museum Nyamuk adalah Sugiono, saat menjabat sebagai Kepala Loka Balitbang P2B2. Latar belakang pendiriannya adalah penyakit menular dengan vektor nyamuk yang hingga kini masih menjadi beban berat bagi sebagian besar negara tropis termasuk Indonesia. 

Museum Nyamuk dibangun di atas tanah seluas 2.000 meter persegi dan dilengkapi fasilitas seperti Gedung Sinema (teater Nyamuk), ruang multimedia, dan ruang Cinderamata. Pembangunannya dilakukan selama 3 tahun dari 2006 hingga 2008. 

Museum ini diresmikan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan  pada 19 Agustus 2009. 

Keberadaan Museum Nyamuk  setidaknya dapat membantu masyarakat yang ingin mengetahui dan mempelajari tentang nyamuk secara menyeluruh. 

Pengunjung dapat mengenal berbagai fase perkembangan nyamuk, juga contoh-contoh specimen genus mulai dari Aedes aegepty, nyamuk penyebar demam berdarah, hingga nyamuk Culex quin-ques-fast-ciatus, penyebar penyakit kaki gajah. Museum Nyamuk juga menyediakan film dokumenter tentang siklus kehidupan nyamuk.

Museum ini memiliki sekitar 80 koleksi nyamuk vector penyebar penyakit asal dari Indonesia. Koleksi museum dibagi dalam 6 genera, yaitu: Aedes, Culex, Anopheles, Mansonia, Armigeres dan Toxor. Masing-masing genus terdiri dari spesimen, stadium telur, larva, pupa dan nyamuk selain itu juga dilengkapi koleksi tanaman pengusir nyamuk dan tanaman obat untuk gejala penyakit yang dibawa nyamuk.

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar