Yamaha NMax

Menengok Kampung Adat Cianting yang Telah Berubah Bentuk

  Senin, 15 April 2019   Dede Nurhasanudin
Kampung Adat di Desa Cianting Kecamatan Sukatani Kabupaten Purwakarta.(Dede)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Tidak hanya terdapat destinasi objek wisata, Kabupaten Purwakarta memiliki beberapa kampung adat salah satunya di Desa Cianting Kecamatan Sukatani.

Bangunan rumah di kampung tersebut terbuat dari bambu dan kayu serta beratap injuk. Namun saat ini rumah tersebut sedikit berubah, perubahan umumnya terjadi dibagian atap rumah.

Ketua RW Kampung Adat, Emuh mengatakan warga terpaksa merubah atap rumah lantaran sering bocor saat diguyur hujan. Sehingga atap rumah yang awalnya injuk pun terpaksa diganti menggunakan asbes.

"Sering bocor, maka kami inisiatif untuk menggantinya," ujar Emuh, Senin (15/4/2019).

Pergantian injuk menggunakan asbes dilakukan sejak satu tahun terakhir. Menurutnya, warga pun tidak keberatan jika pemerintah kembali mengharuskan menggunakan injuk agar seperti semula melestarikan pemukiman seperti zaman dulu. Namun, warga berharap tidak mudah rampuh, sehingga warga yang menempati rumah ini merasa nyaman.

"Ada sebagian masih menggunakan injuk, tapi tidak perpenghuni," kata Emuh.

Meski begitu, lanjut Emuh, warga sangat bersyukur telah diberikan tempat tinggal oleh pemerintah secara gratis. Saat ini warga berharap ada sarana air bersih dan perbaikan jalan, mengingat saat ini masih buntu.

"Dulu juga sudah ada pembangunan air bersih, tapi alatnya tertimbun dan tidak bisa digunakan," ucap dia.

Warga yang menempati rumah di kampung adat merupakan relokasi dari Kampung Cilawang yang terdampak bencana longsor 2014 lalu.

Emuh mengatakan, di kampung adat ada 66 rumah yang di tempati 55 kartu keluarga (KK) berdiri di atas lahan sekitar 2 hektare milik Pemkab Purwakarta.

"Katanya sih 5 hektare, tapi lahan yang dibangun rumah ada sekitar 2 hektare. Rumah ini dibangun oleh Pemkab Purwakarta, kami menempati rumah ini sejak 2014 1 lalu," kata Emuh.

Dia mengatakan, tidak ada perbedaan dengan budaya yang ada di Purwakarta warga di kampung ini. 

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar