Yamaha Lexi

Petugas Akan Gebuk hingga Tembak Perusuh Pemilu di Purwakarta

  Senin, 15 April 2019   Dede Nurhasanudin
Kapolres Purwakarta AKBP Matrius foto bersama Dandim 0619/Purwakarta Letkol Arh Yogi Nugroho sebelum mengawali konvoi, setelah sebelumnya melaksanakan apel gelar pasukan di lapangan Patria Tama, Mapolres Purwakarta, Senin (15/4/2019). (Dede Nurhasanudin/Ayobandung.com)

PURWAKARTA KOTA, AYOBANDUNG.COM—Petugas gabungan pengamanan Polres Purwakarta tengah bergeser ke setiap TPS yang tersebar di Purwakarta.

Pergeseran petugas diawali dengan apel geser pasukan di Lapang Patria Tama, Mapolres Purwakarta, Senin (15/4/2019).

Kapolres Purwakarta AKBP Matrius mengatakan, pihaknya menerjunkan 1.100 pasukan dan 300 TNI untuk pengamanan Pemilu 2019 yang akan digelar serentak pada 17 April mendatang. 

AYO BACA : Polres Tasikmalaya Siap Tembak di Tempat Perusuh Pemilu

"Komposisinya, 2 anggota keamanan mengoordinasikan sebanyak 7 TPS," kata Kapolres.

Ia mengatakan, para petugas akan memantau ke setiap TPS yang telah ditentukan. Jika ditemukan hal yang memicu kericuhan, dirinya mengintruksikan tidak segan untuk menggebuk pengganggu keamanan menggunakan pentungan atau rotan yang telah dibekali selama pesta demokrasi berlangsung.

Bahkan, lanjut dia, bila perusuh mengancam keselamatan anggota keamanan atau masyarakat, dirinya mengintruksikan untuk melumpuhkannya dengan senjata api.

AYO BACA : Tinta Pemilu Kenapa Ungu?

"Kita bekali itu untuk melumpuhkan para pengganggu keamanan yang mengancam keselamatan anggota keamanan atau masyarakat," tegas dia.

Selain itu, pihaknya menekankan setiap anggota di lapangan untuk terus berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu dan tidak diperkenankan untuk lepas piket dan meninggalkan pos keamanannya. Dengan begitu, pelaksanaan pemungutan suara pada 17 April 2019 bisa berjalan aman dan lancar.

"Terus pantau agar pemilu berlangsung aman, damai, dan lancar," ujar dia.

Konvoi dimulai dari Polres Purwakarta menyusuri jalur-jalur protokol di Kecamatan Purwakarta dan berakhir kembali di Polres. Iring-iringan konvoi pun membunyikan sirine di masing-masing kendaraan agar menjadi perhatian warga sekitar.

AYO BACA : 3 Cara Menghilangkan Tinta Ungu Pemilu di Jari

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar