Yamaha Aerox

KPU Jabar Jamin Tak Ada Kendala Listrik di TPS

  Senin, 15 April 2019   Rizma Riyandi
Ilustrasi--Sejumlah Warga Negara Indonesia menggunakan hak suaranya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 110, di halaman KJRI Mumbai, India, Minggu (14/4/2019). Daftar Pemilih Tetap (DPT) PPLN Mumbai mencapai 450 orang, yang terdiri dari DPT dengan metode pemilihan langsung ke TPS 110, dan DPT via pengiriman pos 335.�Terdapat 13 WNI yang masuk Daftar Pemilih Tambahan, dengan detail DPTb Pos 1 orang dan DPTb TPS 12, sementara penghitungan surat suara baru akan dihitung pada Rabu (17/4/2019) bersamaan dengan Pemi

BATUNUNGGAL, AYOBANDUNG.COM--Guna melancarkan proses pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat menjamin tidak akan ada pemadaman listrik pada saat pelaksanaan pemungutan suara di TPS, 17 April mendatang.

Komisioner Divisi Teknis KPU Jawa Barat, Endun Abdul Haq mengatakan KPU telah berkoordinasi dengan PLN serta menginstruksikan agar setiap TPS terpasang penerangan yang memadai.

"Kami sudah kordinasi dengan PLN Jawa Barat, juga kami sudah perintahkan agar di TPS terpasang lampu yang besar karena pencahayaan memang penting," kata Endun di kantor KPU Jawa Barat di Jalan Garut, Kota Bandung, Senin (15/4/2019).

Menurutnya waktu penghitungan dipastikan butuh pasokan listrik cukup besar karena cukup memakan waktu lama. Endun juga menyebut pihaknya sudah membagikan Generator Set ke 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat.

AYO BACA : Yana Mulyana Pastikan Distribusi Logistik Pemilu Berjalan Baik

"Kordinasi terkait menjamin pasokan listrik sudah kami lakukan, karenanya dipastikan sejak 16 April tidak akan ada pemadaman," katanya.

Ia mengatakan berdasarkan simulasi sebelumnya, penghitungan suara memang lebih lama dari proses pencoblosan. Yakni memakan waktu selama 9 sampai 11 jam.

"Kalau pencoblosan, dengan rata-rata jumlah pemilih per TPS di Jabar yakni maksimal 300 orang pemilih waktu yang dibutuhkan hanya 5-6 jam. Nah penghitungannya itu yang lama," kata dia.

Jika penghitungan dimulai pada jam satu siang, maka ia memprediksi akan selesai pada jam 10 malam.

"Belum lagi kendala lain seperti jarak antara TPS ke Kecamatan, di beberapa daerah di Jabar itu sangat jauh, seperti di Garut, Cianjur, Sukabumi, yang menempuh waktu tujuh jam perjalanan," katanya.

AYO BACA : Terendam Banjir, KPU Bogor Gantikan Ratusan Kotak Suara

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar