Yamaha NMax

Cek Lis, 5 Kebiasaan 'Ngantor' yang Baik

  Senin, 15 April 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi.

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Anda sudah memulai hari dengan pikiran yang segar dan rasa semangat untuk pergi bekerja. Namun begitu Anda duduk di kursi kantor dan mulai kerja, ada banyak hal yang mengalihkan perhatian Anda.

Pernah mengalami ini? Sepertinya sulit sekali menjaga konsentrasi di tempat kerja agar tetap produktif. Namun ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengalahkan gangguan-gangguan ini.

Kabar baiknya lagi, Anda bisa dengan mudah melakukan ini. Seperti dikutip dari Lifehack, melakukan 5 kebiasaan ini merupakan trik untuk meningkatkan produktivitas di kantor.

1. Berangkat kerja lebih awal
Telah terbukti secara ilmiah bahwa orang mencapai tingkat produktivitas maksimal mereka di pagi hari. Bekerja di pagi hari berarti pikiran masih belum banyak terganggu oleh hal-hal lain dan alhasil, Anda bisa sepenuhnya fokus pada pekerjaan Anda.

Selain itu, memulai kerja lebih pagi juga memiliki dua keuntungan lain. Pertama, rutinitas ini memungkinkan Anda untuk fokus pada hal-hal yang paling sulit terlebih dahulu.

AYO BACA : 6 Kebiasaan Baik untuk Menggenjot Kinerja Otak

Kedua, Anda tidak perlu terburu-buru datang ke kantor yang nantinya malah membuat Anda lelah dan hilang fokus bahkan sebelum mulai kerja. Ditambah lagi, datang ke kantor lebih pagi berarti terhindar dari gangguan rekan kerja.

2. Hadapkan layar HP ke bawah
Jika Anda duduk di meja dan melihat layar smartphone menyala, mata Anda akan segera terarah untuk melihatnya. Anda kemudian terdorong untuk mengeceknya saat itu juga. 

Untuk mengatasi ini, Anda bisa membalikkan smartphone Anda agar layarnya menghadap ke bawah sehingga tidak terus terdorong untuk mengeceknya terus menerus. 

Anda juga bisa mengaktifkan mode pesawat (airplane mode) sehingga tidak menerima banjir notifikasi. Terkesan sederhana, namun tips ini sangat efektif ketika Anda berusaha untuk fokus.

3. Bawa headphone
Dengan membawa headphone, Anda bisa menggunakannya untuk mendengarkan buku audio atau lagu ketika lingkungan kerja Anda mengganggu fokus.

AYO BACA : Sikat Chelsea, Liverpool Kuasai Pucuk Klasemen

Selain itu, rekan kerja juga tidak akan mengganggu Anda saat mereka melihat headphone di telinga Anda.

4. Jadwalkan rapat di siang hari
Dengan alasan yang sama untuk tidak memeriksa email di pagi hari, coba untuk menjadwalkan rapat di siang atau sore hari, kecuali jika rapat tersebut berhubungan dengan strategi dan kreativitas.

Beberapa rapat memang harus dilakukan di pagi hari, karena terkadang itu bukan pilihan Anda. Namun sebisa mungkin, hindari mengadakan rapat di pagi hari.

5. Tidur yang cukup
Ini merupakan salah satu kebiasaan yang krusial dalam upaya mencapai produktivitas optimal. Dengan waktu tidur yang cukup, kebutuhan kafein Anda menurun, sementara ketajaman fokus Anda meningkat.

Keinginan untuk menjadi produktif pun bertambah. Faktanya, riset menyatakan dalam waktu kerja pada umumnya yaitu 8 jam, rata-rata pekerja hanya produktif dalam 2 jam dan 53 menit. Salah satu alasannya adalah rasa lelah.

Oleh karena itu, menanamkan kebiasaan tidur lebih awal menjadi senjata untuk melawan kurangnya fokus.

Pada dasarnya, Anda perlu memahami kapan Anda mencapai titik efisien terbaik dan memanfaatkannya sebaik mungkin. Dengan beberapa kebiasaan kecil ini, Anda bisa meningkatkan produktivitas tanpa bergantung pada 5 gelas kopi atau bahkan lebih sehari. 

AYO BACA : IG dan WA Nge-Down Minggu Sore

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar