Yamaha Aerox

3 Cara Menghilangkan Tinta Ungu Pemilu di Jari

  Minggu, 14 April 2019   Andres Fatubun
Ilustrasi tinta pemilu. (finozong)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Rabu (17/4/2019) warga Indonesia yang masuk dalam daftar pemilih tetap akan melakukan pencoblosan di TPS yang sudah ditentukan. 

Setelah menyalurkan hak pilihnya, pemilih akan mencelupkan salah satu jarinya dalam botol tinta pemilu yang berisi cairan berwarna ungu. Jari ungu itu untuk menandai si pemilih telah menunaikan hak memilihnya.

AYO BACA : Jokowi-Prabowo dalam Penerawangan Kartu Tarot

Warna ungu di ujung jari tersebut akan bertahan dalam beberapa hari jika tidak dibersihkan.

Dikutip dari situs doktersehat, jika ingin segera menghilangkan tinta pemilu agar tampilan tangan kembali bersih, ada beberapa cara yang bisa dicoba. Misalnya dengan menggunakan pembersih cat kuku atau aseton. Untuk menggunakannya, hanya perlu meneteskan pembersih cat kuku ini pada kapas dan mengoleskannya kepada bagian kulit yang berwarna ungu. Gosok kapas ini secara berulang hingga warna tinta menghilang.

AYO BACA : Yamaha Jabar Gelar Yamaha Inspiring Women

Jika tidak memiliki pembersih cat kuku, bisa menggunakan bahan lain seperti pemutih pakaian atau losion anti nyamuk yang lebih mudah untuk dicari. Pemutih pakaian tinggal larutkan dengan air. Setelahnya, hanya tinggal mencelupkan jari ke dalam larutan ini sebelum kemudian mencucinya dengan air dan sabun.

Selain itu bisa menggunakan losion anti nyamuk yang bisa dapatkan di warung-warung dekat dengan rumah. Oleskan losion ini pada kulit yang terkena tinta dan kemudian bersihkan dengan sabun dan air hingga bersih.

Untuk bagian kuku, akan sulit untuk menghilangkan tinta pemilu dengan bahan-bahan tersebut. Hanya saja, tinggal memotong kuku untuk menghilangkannya. Memang, ada kemungkinan masih ada sisa tinta yang ada di dalam kuku yang tidak bisa dipotong, namun setidaknya bagian ini juga akan hilang seiring dengan waktu.

Pakar kesehatan dr. Eko Budidharmaja menyebutkan bahwa meskipun tinta pemilu masih aman bagi kesehatan meskipun makan dengan tangan yang masih ada tintanya, ada baiknya selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan agar tetap sehat dan tidak mengalami gangguan pencernaan.

AYO BACA : Tinta Pemilu Kenapa Ungu?

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar