Yamaha Aerox

Tinta Pemilu Kenapa Ungu?

  Minggu, 14 April 2019   Andres Fatubun
Aktris Acha Septriasa setelah mencoblos di salah satu TPS di Sydney. (septriasaacha)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Empat hari lagi atau tepatnya 17 April, puncak dari pesta demokrasi Indonesia akan digelar dengan tahap pencoblosan. Usai mencoblos, pemilih akan mencelupkan jarinya ke botol tinta berwarna ungu yang menandakan dia telah mengikuti pemilihan suara dan tidak bisa melakukannya lagi di TPS lain.

AYO BACA : Jokowi-Prabowo dalam Penerawangan Kartu Tarot

Namun, mengapa warna tinta tersebut ungu bukan warna lainnya. 

AYO BACA : Yamaha Jabar Gelar Yamaha Inspiring Women

Dikutip dari Wikipedia, warna ungu dipilih karena akan meninggalkan noda cokelat atau hitam akibat kandungan kimia perak nitrat di dalamnya. Zat tersebut akan melekat kuat pada permukaan kulit setelah terpapar udara atau sinar matahari. 

Dalam penelitian yang dilakukan sejumlah pakar farmasi di India yang dibukukan dalam World Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, disebutkan kandungan perak nitrat sebesar 10-18%. Jadi, semakin tinggi kadarnya, semakin lama hilangnya.

Perak nitrat ditemukan oleh Albertus Magnus pada abad 13. Pada awalnya ia mendokumentasikan kemampuan asam nitrat untuk memisahkan emas dan perak dengan melarutkan perak tersebut. Magnus mencatat bahwa larutan yang dihasilkan dari perak nitrat dapat menghitamkan kulit. 

AYO BACA : 10 Tahun Berseragam Man United, Antonio Valencia Hengkang

  Tag Terkait

   Ayo Bagikan!
Ayo Respon

   Komentar